Tips Desain Ruang Kerja di Rumah Agar Estetik. - SiDU
Tips Desain Ruang Kerja di Rumah Agar Estetik.
10 Sep 2021
Selama pandemi Covid-19 ini, banyak sekali pekerja kantoran yang harus bekerja dari rumah atau istilahnya work from home. Hal ini menuntut mereka untuk melakukan desain ruang kerja di rumah sendiri. Membuat ruang kerja sendiri akan sangat membantu mereka agar tetap produktif.
Mungkin Anda salah satu orang yang merasakan bagaimana sulitnya konsentrasi bekerja saat bekerja di rumah. Anda perlu membuat ruang kerja khusus di rumah. Setidaknya, memiliki ruang kerja sendiri sangat membantu Anda untuk lebih mudah konsentrasi dan fokus. Akhirnya, Anda pun bisa bekerja produktif atau bahkan lebih produktif daripada Anda bekerja di kantor.
Yang menjadi persoalan adalah bagaimana ruang kerja di rumah yang bagus untuk meningkatkan produktivitas? Apakah Anda hanya perlu menyediakan ruangan khusus? Atau ataukah Anda perlu tahu bagaimana desain ruang kerja di rumah?
Jawabannya sama ketika Anda bekerja di kantor. Kenapa kantor membuat Anda lebih fokus bekerja? Salah satu alasannya adalah desain kantor yang membuat feel dan juga semangat Anda bekerja muncul. Makanya, hal yang sama bisa Anda lakukan di rumah. Anda perlu membuat desain ruangan kerja yang membuat Anda bersemangat saat work from home.
Ruangan yang Sebaiknya Digunakan Sebagai Ruang Kerja
Sebelum masuk ke bagian desain ruang kerja di rumah, satu pertanyaan yang harus Anda jawab. Ruangan seperti apa yang seharusnya Anda pakai sebagai ruang kerja di rumah?
Sebenarnya, setiap orang bisa memiliki jawabannya sendiri. Akan tetapi, setidaknya ada satu kriteria yang harus Anda gunakan. Pilihlah ruangan yang tidak banyak orang mengakses. Misalnya saja ruangan yang paling dalam dari rumah Anda. Ini membuat anak atau anggota keluarga lainnya tidak mengganggu. Anda tidak akan terganggu karena tidak ada banyak orang yang berseliweran melewati ruangan tersebut.
Atau bisa juga Anda buat ruang kerja di lantai paling atas. Bisa juga Anda memanfaatkan loteng juga ada loteng di rumah Anda. Ruangan semacam ini akan membuat Anda lebih fokus dan tidak mudah terganggu.
Jadi, sudah punya bayangan ruangan mana yang akan Anda rombak dan desain sebagai ruang kerja di rumah?
Tips Mendesain Ruang Kerja di Rumah
Setelah menemukan ruangan yang tepat, hal lain yang harus Anda lakukan adalah melakukan desain ruang kerja di rumah. Ini sangat berpengaruh pada feel dan juga semangat Anda saat berada di dalam ruangan tersebut. Tentunya Anda ingin lebih semangat dan fokus dalam bekerja, bukan? Berikut ini tips mendesain ruang kerja di rumah yang bisa Anda terapkan:
1. Pemilihan Furniture
Untuk mendesain ruang biasa di rumah menjadi ruang kerja, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih furniture. Sebaiknya, belilah furniture yang punya kesan seperti di kantor. Setidaknya Anda harus membeli meja kerja dan juga kursi empuk yang bisa reclining. Bukankah dua furniture ini sudah cukup memberi kesan bahwa ruangan yang Anda gunakan itu untuk bekerja?
Ada banyak sekali jenis furniture untuk ruang bekerja Anda di rumah. Anda bisa memilih yang minimalis atau elegan. Saat ini, yang paling banyak dipilih adalah furniture minimalis. Selain style-nya yang menarik, furniture dengan desain minimalis juga cenderung lebih murah harganya.
2. Memanfaatkan Dinding Sebagai Storage
Tidak perlu terlalu banyak furniture yang perlu Anda beli. Cukup meja dan kursi saja. Sementara itu, buat ambalan atau storage yang menempel di dinding. Ini bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk menaruh foto, dokumen, atau alat-alat kerja lainnya.
Desain ruang kerja di rumah seperti ini juga tidak membuat ruangan terlalu sempit. Bahkan, membuat ambalan sebagai storage sangat disarankan ketika kamar yang Anda gunakan tidak begitu luas.
3. Bekerja Menghadap ke Jendela
Saat meletakkan meja dan kursi kerja, usahakan meja dan kursi tersebut menghadap ke jendela. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, desain yang tepat akan membuat Anda lebih semangat. Dengan menghadap ke jendela, psikologi Anda akan terus terjaga. Anda tidak mudah stres karena Anda bisa mendapatkan pemandangan serta udara yang fresh dari jendela.
Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa menghadap ke luar melalui jendela menjadi cara yang efektif untuk mencari inspirasi. Khusus bagi Anda seorang pekerja kreatif, bekerja menghadap ke jendela akan memudahkan Anda untuk mendapatkan ide-ide yang cemerlang.
4. Mengatur Alat Kerja untuk Menunjang Produktivitas
Tips desain ruang kerja di rumah yang selanjutnya adalah mengatur atau mengorganisir alat kerja yang dibutuhkan. Usahakan agar Anda mengelompokkan alat kerja berdasarkan kategori masing-masing. Misalnya saja kertas kertas HVS warna SiDU atau kertas lainnya bisa Anda tempatkan berdekatan dengan printer. Alat-alat tulis Anda kumpulkan di tempat yang sama. Sementara itu, dokumen penting bisa masukkan ke dalam wadah yang Anda tempatkan pada storage yang menempel di dinding.
Itulah beberapa tips desain ruang kerja di rumah. Jadi, sebenarnya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendesain sendiri kamar kerja di rumah. Dan Anda juga tidak perlu membuat ruangan dari awal. Cukup memanfaatkan kamar yang selama ini tidak begitu sering digunakan. Dengan memberikan sedikit sentuhan desain yang menarik, Anda akan bisa mengubahnya menjadi ruang kerja yang menarik dan juga membuat Anda lebih produktif.
Artikel Lainnya
- Membedah Cara Kerja Arsitek Mulai dari Perencanaan Hingga Penciptaan Bangunan
- Mau Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah? Ikuti Tips Sederhana Ini
- Apa Itu Kertas HVS? Pahami Jenis, Ukuran, dan Fungsinya!
- Hebatnya Manfaat Menulis, Mulai dari Redakan Stres Hingga Bisa Menyalurkan Emosi
- Posisi Duduk yang Benar untuk Pekerja Kantoran agar Tidak Cepat Lelah