Aset Penerbit

Cara Mengatasi Cetak Print yang Kurang Jelas

Cara Mengatasi Cetak Print yang Kurang Jelas

10 Nov 2021

Pernah mengalami hasil cetak print kurang tajam di hvs F4 atau hvs warna 55 gsm yang sudah disiapkan? Tentu ini cukup merepotkan apalagi jika anda butuh print out penting dan mendesak. Jika sudah begini, apa yang harus dilakukan? Nggak mungkin juga acuh pada hasil yang tak jelas itu kan.

Nah sebelum benar-benar mengetahui cara mengatasi cetak print yang kurang jelas pada kertas, mungkin anda dapat mencoba mengatur settingan mesin cetak sebab bisa jadi hasil kurang jelas dikarenakan pengaturan yang tidak tepat. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan kertas kosong jenis apapun, seperti hvs F4, hvs A4, atau hvs warna. Masukkan kertas ini pada tempat kertas printer lalu pencet CTRL+P untuk melakukan proses printing dokumen. 

Anda akan dihadapkan pada kotak dialog printer, pilihlah opsi Properties. Selanjutnya cari pilihan Print Quality > High. Pengaturan ini sendiri ditujukan agar mesin secara otomatis memberikan hasil cetak print dengan kualitas maksimal. Well biasanya sih pengaturan ini menyebabkan printer bekerja lebih lambat, tapi pasti tidak akan mengecewakan kok.

Jika hasil cetak print di kertas hvs F4 atau hvs warna 55 gsm tetap kurang jelas, terdapat beberapa faktor yang mungkin jadi penyebabnya. Kebocoran pada cartridge atau tersumbatnya cartridge mungkin saja jadi penyebabnya. Oh iya, pengisian tinta yang kurang tepat atau terlalu penuh juga jadi faktor lain yang menyebabkan tinta buram. 

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi cetak print di kertas hvs F4, hvs warna 55 gsm, atau kertas lain yang buram? Simak informasi ini ya:

  • Lakukan Cleaning pada Printer  

Ketika hasil cetak print pada kertas hvs F4 dan hvs warna 55 gsm kurang Jelas, anda tidak perlu buru buru membawa ke tempat servis. Cek dulu kondisi printer karena mungkin saja ada bagian kotor yang mempengaruhi hasil cetak print. Cleaning pada Printer bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu head cleaning dan deep head cleaning. Anda tinggal masuk ke menu Control Panel, lalu pilih Devices and Printers. Pilihlah printer yang terpasang di device > klik Printer properties > Maintenance, klik Cleaning. Lalu akan muncul opsi head cleaning, pilih opsi all colors untuk membersihkan semua warna, kemudian klik tombol execute, klik ok.  

  • Kuraslah tinta pada Cartridge  

Cara selanjutnya untuk mengatasi hasil cetak print kurang jelas adalah dengan menguras tinta yang terdapat di dalam cartridge. Caranya dengan memakai tisu dan Bersihkan Head Cartridge. Pembersihan ini dilakukan supaya tinta keluar. Selesai membersihkan, isi ulang kembali dengan tinta baru.   

  • Coba Cek apakah Head Cartridge tersumbat 

Membersihkan head cartridge yang tersumbat adalah cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi cetak print buram. Gunakan air hangat, akan tetapi anda harus dapat memastikan bahwa suhu air tidak terlalu panas karena akan semakin merusak head cartridge. Tempelkan ujung head ke dalam air hangat selama beberapa saat hingga anda merasa bahwa ada  tinta tersumbat yang keluar. Jika kesulitan menggunakan cara ini, anda bisa menggunakan pembersih head cartridge yang pastinya banyak tersedia di toko mesin cetak kesayangan. 

  • Gantilah cartridge yang bocor 

Cara paling akhir untuk mengatasi hasil cetakan yang buram  pada kertas hvs F4 atau hvs warna 55 gsm adalah dengan mengganti cartridge. Biasanya hasil cetakan yang buram bisa disebabkan dengan adanya kebocoran pada cartridge sehingga harus mengganti dengan yang baru. Jika sudah seperti itu dan Anda tidak bisa mengatasinya sendiri, maka segera bawa printer kepada tukang servis terdekat agar masalah pada printer anda dapat segera diatasi. 

Selain beberapa cara mengatasi cetak print yang kurang jelas di kertas hvs F4 atau hvs warna 55 gsm yang telah dijelaskan, faktor kualitas printer adalah hal lain yang mempengaruhi hasil print out lho. Pastikan a

nda menggunakan printer beresolusi tinggi untuk memastikan kualitas hasil cetakan tajam dan jelas. Nah, ternyata cukup mudah bukan mengatasi masalah ini? Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda ya!