02 Oct 2019

Macam-macam Teknik Arsir Menggunakan Pensil

Arsiran adalah salah satu unsur penting dalam menggambar karena berguna untuk memperjelas bentuk dan mempertegas karakter gambar yang dibuat. Untuk membuat arsiran, SiDUers memerlukan buku gambar dan pensil. Selain itu, perhatikan juga teknik arsir yang SiDUers pilih agar sesuai dengan objek yang digambar.

Pengertian dari teknik arsir sendiri adalah pengulangan garis secara acak dan saling menyilang di bagian gambar yang kosong. Ada beberapa macam teknik arsir yang perlu SiDUers ketahui, yaitu teknik satu arah, arsir silang, searah kontur, dan coretan bebas.

Teknik arsir satu arah atau hatching dilakukan dengan cara menggoreskan pensil dengan arah yang sama hingga terlihat seperti barisan garis sejajar. Semakin sering kita menumpuk goresan menjadi lebih padat dan tebal, maka semakin gelap pula efek yang dihasilkan.

Mirip dengan teknik arsir satu arah, teknik arsir silang atau cross hatching dilakukan dengan cara yang sama, tetapi menggunakan dua arah sehingga terlihat goresan arsiran yang saling perpotongan. Untuk memberikan efek yang lebih gelap, SiDUers bisa menumpuk goresan-goresan dengan arah yang berbeda.

Sedangkan teknik arsir searah kontur atau contour hatching dibuat dengan cara mengikuti bentuk kontur gambar yang akan diarsir. Fungsinya adalah untuk memberikan volume atau 3D pada gambar tersebut sehingga kerap digunakan untuk mengarsir gambar makhluk hidup.

Sesuai dengan namanya, teknik coretan bebas atau scrambling dibuat dengan goresan yang berbentuk coretan bebas dan tidak membantuk garis yang beraturan. Teknik ini berguna untuk memberikan volume pada gambar dan membuat gambar tersebut terlihat memiliki permukaan yang kasar, seperti kayu, batang pohon, dan batu-batuan.

Itulah beberapa teknik arsir untuk menggambar menggunakan pensil. Apakah SiDUers tertarik untuk belajar mengarsir? Jangan lupa untuk memilih pensil dan buku gambar yang berkualitas ya. SiDUers bisa belajar mengarsir dengan menggunakan Buku Gambar SiDU yang memiliki kertas tebal dan berkualitas supaya belajar mengarsir pun menjadi lebih mudah.


Berita Lainya

Selesaikan Skripsi dan Lulus Tepat Waktu dengan Cara ini!
Baca Selengkapnya
Inilah 3 Jenis Karya Sastra yang Perlu Kamu Ketahui
Baca Selengkapnya
Ketahui Jenis-Jenis Origami di sini!
Baca Selengkapnya