Aset Penerbit

Cara Mengatasi Printer Tinta Warna Tidak Keluar dengan Cepat

Cara Mengatasi Printer Tinta Warna Tidak Keluar dengan Cepat

22 Okt 2021

Printer merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mencetak dokumen. Printer dapat berfungsi ketika dihubungkan dengan perangkat lain yaitu komputer maupun laptop. Dengan printer kita bisa mencetak berbagai dokumen dengan cepat dan mudah.

Seperti layaknya mesin lain yang juga bisa error, printer bisa juga mengalami gangguan seperti tinta yang tidak keluar. Masalah ini tentu saja cukup membuat pusing, terlebih jika ada dokumen yang butuh untuk dicetak secepatnya di kertas HVS warna atau polos. Ugh, menyebalkan sekali ‘kan? Lalu bagaimana sih cara mengatasi printer yang tidak keluar tintanya?

Sebelum membahas tips cara mengatasi printer yang tidak keluar tintanya sehingga belum bisa dicetak di kertas HVS warna maupun polos, ada baiknya mengetahui dulu jenis printer seperti apa yang anda miliki. Hal ini akan memudahkan untuk mengenali masalah dan solusinya.

Secara umum, printer  terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu printer dengan tinta inkjet dan printer dengan tinta infus dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Printer tinta inkjet

Pada printer jenis ini, sebenarnya isi tinta dapat diperkirakan dengan mengecek berat cartridge. Jika terasa ringan, kemungkinan tintanya sudah habis. Cara lainnya yaitu ingat-ingatlah kembali kapan anda mengisi tinta terakhir kalinya. Jika memang habis, segera isi kembali. Oh iya, jangan sampai luber ya karena bisa merusak cartridge.

  • Printer tinta infus

Mengecek isi tinta pada printer jenis ini cenderung lebih mudah karena tabung infus yang transparan, sehingga isi tinta bisa terlihat dengan mudah. Jika habis, segera isi kembali, namun alangkah baiknya jika sobat segera mengisi sebelum tintanya habis.

Nah, sekarang sobat sudah tahu kan jenis printer apa yang ada di rumah? Kalau begitu langsung saja ke tips cara mengatasi printer yang tintanya tidak keluar ya!

Pada umumnya, jika ada error pada tinta, printer akan “memberikan sinyal” dengan adanya lampu notifikasi yang menyala. Ketika anda melihat lampu notifikasi ini, segera lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk sebagai cara mengatasi printer yang tintanya tidak keluar :

  • Cek isi tinta printer

Tinta adalah komponen penting dalam printer. Ketika tinta printer tidak keluar, bisa saja isi tinta sudah habis. Cirinya adalah munculnya garis samar pada hasil cetak. Jika ini terlihat, tandanya Anda harus segera melakukan pengisian ulang tinta. Ini adalah cara mengatasi printer error yang paling mudah.

  • Gunakan Tools Cleaning dan Deep Cleaning

Cara mengatasi printer satu ini juga masih tergolong mudah karena hanya memanfaatkan tools dari printer dan computer. Pada menu Windows Computer, pilih Devices and Printers, klik Printing preference. Pilih menu cleaning dan deep cleaning. Ketika proses cleaning dan deep cleaning, berilah jeda kurang lebih 5 menit, hal ini bertujuan supaya head printer tidak panas. Setelah proses ini selesai, sobat bisa cek hasilnya dengan test print pada kertas hvs putih maupun HVS warna. Jika hasilnya masih terlihat garis-garis sama, ulangi langkah ini sebanyak 3 kali.

  • Tinta Macet? Cek Selang Tinta!

Cara mengatasi printer tinta warna yang lainnya adalah mengecek selang tinta. Untuk pemilik printer jenis infus, permasalahan yang kerap terjadi adalah tinta macet yang disebabkan oleh adanya rongga di dalam selang tinta. Cara mengeluarkannya mudah saja, mulai dari melepas ujung selang ke arah cartridge lalu buka penutup udaranya.  Anda akan melihat penutup karet pada tabung, memasukkan alat suntik ke dalam lubang tabung tinta. Dengan menggunakan suntikan itu, pompalah sehingga tinta terdorong dan masuk ke selang infus. Ketika rongga udara sudah hilang, Anda bisa memasukkan ujungnya lagi ke dalam cartridge. Terakhir, lepas suntikan lalu pasang kembali penutup karet pada tabung isi tinta.

Cara mengatasi printer tinta warna yang tidak keluar ternyata tak serumit yang dibayangkan, bukan? Anda Bahkan bisa melakukan sendiri dan tidak memakan waktu lama. Selain tips yang telah disebutkan di atas, hal penting yang perlu diperhatikan adalah kualitas kertas yang dipakai. Dengan memakai kertas yang berkualitas, dapat menjaga performa printer tetap prima. Tahukah sobat, SIDU sebagai produsen kertas terkemuka di Indonesia juga menyediakan kertas print loh, mulai dari A4, hvs putih, maupun HVS warna yang bisa sobat  dapatkan di toko-toko kertas dan alat tulis di kota anda. Semoga bermanfaat.