9 Macam Keperluan Kantor Buat Semakin Produktif - SiDU
9 Macam Keperluan Kantor Buat Semakin Produktif
12 Nov 2021
Dunia perkantoran selalu disibukan dengan berbagai macam laporan, dokumen, atau surat-menyurat yang menuntut agar karyawannya tanggap dan sigap. Nah agar para karyawan bisa lebih produktif dalam bekerja, fasilitas lengkap dan mumpuni harus tersedia dong. Tentu ada banyak fasilitas pendukung yang harus ada, seperti alat tulis, kertas hvs, kertas folio bergaris hingga beragam perlengkapan yang menggunakan teknologi seperti laptop maupun yang lainnya.
Lalu apa saja sih kebutuhan esensial untuk keperluan kantor yang perlu disediakan untuk mendukung produktivitas kerja? Simak informasi selengkapnya ya:
1. Kertas Sebagai Keperluan Kantor Utama
Kertas merupakan kebutuhan utama keperluan kantor karena dapat digunakan untuk sekedar membuat catatan hingga mencetak laporan beragam dokumen penting. Sebuah perusahaan idealnya wajib menyediakan berbagai jenis kertas agar karyawan kantornya bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan. Kalaupun belum bisa menyediakan secara spesifik, minimal harus ada kertas hvs ukuran A4 dan ukuran F4 polos yang paling umum digunakan. Jika memiliki dana operasional cukup, perusahaan juga bisa menyediakan jenis kertas lainnya agar lebih banyak pilihan, seperti kertas folio bergaris atau kertas linen.
2. Alat Tulis adalah Kebutuhan Primer di Kantor
Meskipun beberapa kantor sudah memberikan fasilitas komputer atau laptop untuk masing-masing karyawan namun menyediakan alat tulis, seperti pensil, pulpen, penghapus, dan correction pen tetap perlu dilakukan. Pensil misalnya dapat digunakan untuk membuat rancangan atau mengisi pekerjaan yang bersifat sementara sehingga lebih mudah dihapus atau dikoreksi. Nah, agar tulisan pensil tersebut tidak membekas maka sebaiknya Anda memilih pensil 2B.
Sementara itu, kehadiran pulpen dalam kantor juga tak kalah penting untuk memudahkan anda membuat catatan. Selain itu, pulpen juga sering digunakan untuk menandatangani surat atau dokumen penting. Tulisan yang menggunakan pulpen akan terlihat lebih jelas serta tidak mudah pudar.
3. Meja dan Kursi yang Nyaman Wajib Ada
Meja dan kursi juga menjadi elemen penting bagi para pekerja kantor karena mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu di balik meja berkutat dengan berbagai macam laporan penting perusahaan. Nah, untuk keperluan kantor satu ini perusahaan atau anda sebagai pemilik perusahaan tidak boleh sembarangan memilih lho. Pilihlah kursi yang ergonomis agar karyawan tidak akan merasa pegal duduk berlama-lama sehingga tetap bisa produktif. Khusus untuk meja, pilihlah yang berbahan kokoh dan cukup lebar agar karyawan dapat meletakkan beberapa barang sekaligus tanpa kehilangan kenyamanan bekerja.
4. Koneksi Internet Cepat dan Stabil
Internet sudah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat modern mengingat semua terhubung dengan internet, termasuk di area kantor. Anda bisa memanfaatkan koneksi internet di kantor untuk mengakses, mengirim, hingga menyimpan data secara digital. Terlebih di era pandemi yang mengharuskan banyak orang work from home, Internet memungkinkan Anda tetap menjalankan meeting kantor dengan efisien tanpa perlu bertatap muka secara langsung.
5. Jangan Lupakan Printer
Printer juga menjadi perlengkapan wajib karena ada kemungkinan bahwa sebuah kantor butuh mencetak dokumen hampir setiap hari. Dengan memiliki printer, Anda tidak perlu mencetak dokumen tersebut di luar sehingga kerja pun menjadi lebih efektif dan efisien.
6. Kalender Adalah Hal yang Wajib Ada
Meskipun pada komputer dan smartphone sudah dilengkapi dengan fitur kalender, namun kalender meja tetap diperlukan lho. Memiliki kalender fisik akan memungkinkan Anda menuliskan sesuatu pada tanggal-tanggal tertentu. Selain itu, keberadaan kalender meja juga memudahkan untuk melihatnya sehingga tidak khawatir melewatkan event penting yang sudah ditandai.
7. Flash Disk Penting untuk Simpan Data
Benda kecil ini memiliki manfaat besar karena dapat digunakan untuk menyimpan file yang dibutuhkan. Flash disk juga dapat dimanfaatkan untuk menyalin dokumen sehingga Anda dapat mengaksesnya dimanapun.
8. Headset Ternyata Penting
Headset umum digunakan untuk mendengarkan music, namun Anda sebagai karyawan kantor dapat menggunakannya untuk meeting online. Perangkat ini membantu agar dapat mendengar dengan jelas sehingga tidak melewatkan informasi yang disampaikan. Penggunaan headset ketika meeting online juga akan membuat suara lebih jernih dan tidak berisik.
9. Paper Clip, Sepele tapi Diperlukan
Agar semua dokumen pekerjaan rapi dan tertata sesuai dengan kategori, maka gunakanlah paper clip untuk menyatukannya. Oh iya, paper clip memiliki berbagai bentuk dan ukuran sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.
Itulah sembilan keperluan kantor yang wajib untuk Anda siapkan agar kerja menjadi lebih mudah dan produktif. Anda dapat memanfaatkan kertas folio bergaris atau kertas hvs polos dari SIDU sebagai catatan urusan pekerjaan. Penggunaan tersebut direkomendasikan karena harga kertas folio maupun kertas polos SIDU terjangkau dan mudah didapatkan. Semoga semakin produktif ya!