资产发布器

Ternyata Ini Pengunaan Kertas HVS yang Benar

Ternyata Ini Pengunaan Kertas HVS yang  Benar

03 十一月 2021

Anda tentu tidak akan memungkiri bahwa jenis kertas yang paling umum digunakan untuk kebutuhan harian adalah kertas hvs. Hal ini dikarenakan kertas hvs dapat digunakan untuk segala macam dokumen. Harga hvs yang cukup terjangkau dibanding jenis kertas lain membuatnya menjadi primadona banyak orang. Kertas hvs polos nyatanya umum digunakan untuk keperluan perkantoran atau institusi formal. Di dunia pendidikan, kertas HVS warna banyak dimanfaatkan untuk membuat karya kerajinan lho. 

Kertas hvs dalam perkembangannya memiliki banyak jenis yang akhirnya membuat harga hvs serta penggunaannya berbeda. Lalu gimana sih caranya agar tahu penggunaan kertas hvs yang benar agar anda tidak salah membeli? Simak informasi selengkapnya tentang cara penggunaan kertas hvs warna F4, hvs warna F4, atau kertas berjenis HVS lainnya berikut ini:

  • Ukuran Berbeda Tentu Penggunaanya Tak Sama!

Kertas hvs dalam perkembangannya terdiri dari 6 ukuran yang berbeda yang juga memiliki harga hvs tak sama plus fungsi tak serupa. Yuk lihat pilihannya:

  1. Kertas HVS B5

Kertas hvs ukuran B5 adalah kertas yang biasa digunakan untuk isi binder. Permukaan kertas yang memiliki ukuran 18,2 x 25,7 cm ini tidak mengkilap sehingga cocok digunakan untuk menulis catatan. Tinta akan lebih cepat terserap sehingga tulisan juga terlihat lebih. Kertas hvs warna ukuran B5 lebih banyak menggunakan warna-warna cerah. Penggunaan warna cerah ini bertujuan agar tulisan terlihat jelas sehingga lebih mudah dibaca. Warna yang umum didapati diantaranya adalah merah muda, kuning muda, biru muda dan juga hijau muda. Dalam dunia percetakan, kertas hvs warna maupun polos ukuran B5 juga digunakan untuk mencetak buku bacaan atau novel. 

  1. Kertas HVS Kuarto

Kertas kuarto memiliki ukuran yang hampir sama dengan A4 sehingga agak sulit dibedakan. Namun demikian jika dibandingkan dengan kertas A4, kertas kuarto sedikit lebih lebar dengan ukuran 21,6 x 27,9 cm. Tidak hanya dunia perkantoran saja yang menggunakan kertas ini namun juga percetakan fotocopy dan dunia pendidikan. 

Harga hvs ukuran kuarto berkisar mulai dari Rp. 39.000 hingga Rp. 45.000. Umumnya, kertas kuarto banyak dimanfaatkan untuk mencetak dokumen perkantoran, laporan, skripsi, makalah atau karya ilmiah. Kertas ini dapat Anda gunakan sebagai alternatif jika tidak menemukan kertas ukuran A4.

  1. Kertas HVS A4

Anda tentu sudah familiar dengan kertas hvs A4 yang memiliki ukuran 21 cm x 29,7 cm  baik yang merupakan hvs warna maupun yang polos karena memang lebih banyak digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Hampir semua bidang menggunakan kertas A4 untuk keperluan membuat surat undangan, surat tugas, laporan, tugas sekolah atau kuliah bahkan untuk mencetak skripsi.

Harga 1 rim kertas hvs warna ukuran A4 sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan kertas A4 warna putih. Jika Anda hanya memerlukan beberapa lembar saja bisa pula membelinya secara ecer di tempat fotocopy.

  1. Kertas HVS F4

Kertas F4 memiliki ukuran yang lebih panjang dari A4 dan sedikit lebih lebar pula. Kertas dengan ukuran 21,6 x 33 cm  ini juga digunakan di perkantoran namun tidak sebanyak penggunaan kertas A4. Kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak dokumen yang atau surat yang isinya agak panjang. Dengan demikian, isi dokumen atau surat tersebut dapat tercetak menjadi satu lembar dan tidak terpotong. Fungsi lain dari kertas ini yaitu untuk mencetak salinan ijazah, membuat laporan atau lembar kerja. 

  1. Kertas HVS A3

Kertas A3 memiliki ukuran yang lumayan besar, yaitu  29,7 x 42 cm dengan permukaan licin atau glossy. Kertas ini akan sangat mendukung jika digunakan untuk mencetak foto atau poster. Selain itu, kertas ini juga dapat dimanfaat untuk membuat selebaran.

Anda juga dapat menggunakan kertas A3 dengan permukaan yang tidak glossy. Harga hvs ukuran A3 permukaan matte ada banyak pilihan, mulai dari Rp 88 Ribu saja. Biasanya, kertas ini digunakan untuk mencetak dokumen tertentu karena ukuranya yang cukup lebar.

  1. Kertas HVS Plano

Kertas ini mungkin tidak sefamiliar dengan kertas lainnya mengingat ukuran kertas hvs warna maupun polos ini yang sangat besar. Kertas hvs warna maupun polos ini sebenarnya merupakan ukuran asli yang belum dipotong dan disesuaikan menjadi lebih kecil. Kertas ini banyak digunakan dibidang percetakan untuk mencetak  beberapa dokumen dalam jumlah besar sekaligus. Selanjutnya, hasil cetakan tersebut akan dipotong sehingga dapat menghemat biaya produksi. Oh iya, ukuran kertas HVS Plano ada bermacam-macam antara lain 65 x 100 cm, 79 x 109 cm, 65 x 90 cm, dan 61 x 86 cm.

  • Jangan Lupa Jika Gramatur Kertas Bisa Bikin Fungsinya Beda

Selain memiliki ukuran kertas yang beragam, HVS juga terdiri dari tiga gramatur yang mempengaruhi ketebalan kertas serta harga hvs tersebut. Hal ini pun berdampak pada fungsi yang berbeda bagi hvs warna maupun polos itu sendiri. Kertas hvs warna maupun polos dengan gramatur 70 gsm umum digunakan untuk percetakan karena harganya jauh lebih terjangkau. Untuk gramatur 80 gsm sendiri banyak digunakan untuk dokumen penting dan profesional seperti tesis, skripsi, makalah, dan lain sebagainya. Sedangkan gramatur 100 gsm lebih banyak digunakan untuk membuat gambar presentasi karena lebih tebal.

Hmm, ternyata cukup mudah ya memilih kertas hvs warna maupun polos yang sesuai fungsi karena kamu hanya perlu menyesuaikan dengan ukuran dan gramatur. Jangan lupa gunakan kertas dari SIDU yang berkualitas untuk hasil cetakan maksimal. Semoga bermanfaat.