04 Sep 2019

Tips Beradaptasi di Kampus Baru

Menjadi mahasiswa baru tentu menjadi momen yang menggembirakan karena merupakan hal yang sudah ditunggu-tunggu dan membuat penasaran. Walaupun begitu, kesempatan berada di lingkungan baru bisa saja menjadi momen yang menegangkan bagi sebagian orang.

Kalau SiDUers adalah salah satunya, kamu tidak perlu khawatir. Berikut ini SiDU akan berbagi tips beradaptasi di kampus baru:

  1. Kenali daerah kampusmu

Bagi SiDUers yang kuliah di kota yang berbeda dari kota tempat tinggalmu, cobalah untuk mengenali daerah kampusmu terlebih dahulu, seperti bahasanya, lokasinya, makanannya, dan lingkungannya. Hal ini cukup penting, loh, karena bisa membuatmu lebih cepat membaur dan mengikuti obrolan sekitar dengan baik.

 

  1. Ketahui mata kuliahmu

Selain daerah kampus, SiDUers juga perlu cari tahu tentang mata kuliah yang diambil. Misalnya, cari tahu tentang apa saja mata kuliahnya, berapa sks-nya, dan lain-lain. Dengan begitu, SiDUers akan lebih siap menghadapi materi yang diberikan dosen nantinya.

 

  1. Ikuti semua kegiatan orientasi mahasiswa

Banyak dari mahasiswa baru yang mengeluh karena kegiatan orientasi yang terlihat menyulitkan. Padahal, kegiatan orientasi ini sangat penting untuk diikuti, loh! SiDUers dapat mengenal dunia kampus lebih dalam lagi, mulai dari daerahnya, fasilitasnya, komunitasnya, hingga budayanya. Jadi, pastikan SiDUers mengikuti seluruh rangkaian kegiatan orientasi ya.

 

  1. Bergabung dalam komunitas, organisasi, atau unit kegiatan mahasiswa

Salah satu orang yang sukses ketika di dunia kerja adalah orang yang mempunyai banyak koneksi dan pengalaman. Maka, carilah teman dan pengalaman sebanyak-banyaknya saat SiDUers kuliah di kampus. Cara paling efektif adalah dengan bergabung dalam komunitas, organisasi, atau unit kegiatan mahasiswa. Pengalaman yang SiDUers dapatkan juga nantinya bisa ditulis di CV, loh.

 

  1. Selalu bersikap sopan

Berbeda dengan saat sekolah, ruang lingkup di kampus itu jauh lebih luas, sehingga SiDUers bisa menemukan berbagai macam orang dengan karakter yang unik. Alangkah lebih baik jika SiDUers selalu bersikap sopan di manapun dan kapanpun untuk menunjukkan kepribadian yang baik. Bukan hanya untuk menjalin hubungan baik, namun juga agar SiDUers dihormati oleh lingkungan sekitar.


Berita Lainya

Mau Belajar di Rumah? Pakai Strategi ini!
Baca Selengkapnya
Sering Mengantuk di Kampus? Simak Tips Anti-Ngantuk ini!
Baca Selengkapnya
Cara Menulis Rangkuman Pelajaran yang Baik
Baca Selengkapnya