IN | ENG
10 Aug 2019

Sering Mengantuk di Kampus? Simak Tips Anti-Ngantuk ini!

Tidak jarang kita merasa mengantuk di kampus saat kuliah berlangsung. Hal ini bahkan tetap terjadi walaupun kita sudah tidur cukup di malam hari. Padahal, rasa kantuk tersebut bisa merugikan kita, loh, karena bisa membuat kita tertinggal materi kuliah dan sulit untuk berkonsentrasi.

Lantas, bagaimana cara agar tidak mengantuk saat dosen sedang menerangkan materi kuliah? SiDU punya tipsnya di bawah ini: 

1. Jangan bersandar pada meja atau tembok

Selama di kelas, usahakan untuk tidak bersandar pada meja atau tembok. Bersandar akan memicu rasa kantuk kita dan membuat kita merasa nyaman. Ketika kita sedang mengantuk dan kita merasa nyaman, maka kita pun akan tertidur. Jadi, usahakan untuk tetap duduk tegak di kursi ya, SiDUers.

2. Minum air putih

Jika SiDUers diperbolehkan membawa minum ke dalam kelas, cobalah minum beberapa teguk. Dengan minum air putih, rasa kantuk akan sedikit berkurang dan SiDUers akan merasa segar kembali.

3. Izin ke toilet untuk cuci muka

Ketika SiDUers sudah tidak bisa lagi menahan kantuk, SiDUers bisa coba izin kepada dosen untuk pergi ke toilet. Kemudian cuci wajah agar air yang dingin membuat matamu segar kembali. Hal ini cukup efektif untuk dilakukan, loh.

4. Fokus untuk mencatat hal-hal penting di buku tulis

SiDUers juga bisa coba untuk fokus mencatat hal-hal penting yang dijelaskan dan yang ditulis di papan tulis atau layar presentasi. Memfokuskan diri untuk mencatat akan memaksa SiDUers untuk membuka mata dan berpikir, sehingga hal ini akan mengurangi rasa kantuk SiDUers.

5. Minta bantuan pada teman untuk dibangunkan

Cara lain yang bisa SiDUers lakukan adalah dengan meminta bantuan teman. Katakan pada teman untuk membangunkanmu ketika mulai mengantuk dan tertidur di kelas. 

Yuk, coba lakukan tips di atas supaya SiDUers tidak mengantuk lagi selama di kelas dan bisa mengikuti mata kuliah dengan baik.


Berita Lainya

Cara Menulis Rangkuman Pelajaran yang Baik
Baca Selengkapnya
Cara Membuat Dekorasi Bendera dari Kertas Origami
Baca Selengkapnya
Membuat Puisi Sendiri, Yuk!
Baca Selengkapnya