IN | ENG
18 Jul 2019

Membuat Puisi Sendiri, Yuk!

Menulis puisi adalah salah satu cara untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan. Dengan menulis puisi, apapun perasaan yang kita tuangkan ke dalamnya akan terasa lebih indah. Bahkan, puisi juga bisa menginspirasi orang lain loh SiDUers! Berikut ini SiDU beritahu bagaimana cara menulis puisi yang baik:

  1. Tentukan topik puisi
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan apa yang akan SiDUers ceritakan di dalam puisi. SiDUers bisa menceritakan hal apapun, seperti anggota keluarga, liburan, hobi, bahkan objek yang abstrak seperti laut, bulan, dan bintang.
  1. Gunakan citraan
    Saat mulai menulis puisi, coba gunakan citraan untuk menggambarkan hal yang ingin SiDUers tulis secara detail dan deskriptif. Citraan adalah salah satu perangkat sastra yang menggunakan panca indera (melihat, mendengar, menyentuh, mencium, dan mengecap) untuk memperjelas gambaran objek yang diceritakan dalam puisi. Contohnya, jika SiDUers ingin menulis puisi tentang laut, ceritakanlah bentuk, keadaan, warna, aroma, rasa, tekstur laut, dan suara deburan ombaknya.
  1. Gunakan majas
    Perangkat sastra lain yang bisa digunakan adalah majas. SiDUers bisa coba beberapa majas yang umum digunakan seperti simile dan personifikasi. Majas simile adalah perbandingan objek dalam puisi yang biasanya menggunakan kata “seperti” atau “bagaikan.” Contohnya, “kasih sayangmu bagaikan matahari yang menyinari hari-hariku.” Majas personifikasi adalah penggambaran suatu objek yang menggunakan sifat atau karakter manusia, sehingga objek seolah-olah hidup. Contohnya, “angin yang berhembus membisikkan sesuatu padaku.”
  1. Perhatikan rima
    Puisimu akan lebih menarik jika berima. Rima adalah bunyi suku kata terakhir dalam satu baris yang sama dengan bunyi suku kata terakhir dari baris sebelumnya. Misalnya, SiDUers bisa memilih rima A-B-A-B (bunyi suku kata terakhir baris ke-1 sama dengan baris ke-3 dan baris ke-2 sama dengan baris ke-4) atau A-A-B-B (bunyi suku kata terakhir baris ke-1 sama dengan baris ke-2 dan baris ke-3 sama dengan baris ke-4).

            Nah, setelah tahu tips untuk membuat puisi yang baik, yuk, membuat puisi sendiri, SiDUers! Jangan lupa untuk menggunakan Buku Tulis SiDU supaya menulis puisi pun menjadi lebih menyenangkan.


Berita Lainya

Sering Mengantuk di Kampus? Simak Tips Anti-Ngantuk ini!
Baca Selengkapnya
Cara Menulis Rangkuman Pelajaran yang Baik
Baca Selengkapnya
Cara Membuat Dekorasi Bendera dari Kertas Origami
Baca Selengkapnya