IN | ENG
12 Feb 2019

Membuat Catatan Sekolah yang Bikin Semangat Belajar

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa mencatat akan membuat kamu lebih mudah mengingat isi materi pelajaran. Tidak cuma itu, membuat catatan selama di sekolah juga bisa meningkatkan kemampuan mendengarkan dan mempertajam fokus kita. Tapi, ada kalanya kita pun malas membaca kembali catatan yang dibuat karena bentuknya tidak rapi. Tidak jarang, bahkan kita sendiri tidak bisa membaca tulisan sendiri.

Nah, supaya SiDUers tidak lagi malas membaca catatan pelajaran, coba simak tips berikut ini supaya kamu pun semakin semangat belajar dan bisa mencapai potensi terbaikmu:

  1. Buat Catatan Kasarnya Dahulu

Guru tentu memiliki karakteristiknya masing-masing, ada yang menerangkan dengan cepat, ada pula dengan cara yang lebih lambat. Tentu tidak gampang untuk membuat catatan yang rapi ketika guru menerangkannya dengan cepat.

Supaya kamu tetap bisa membuat catatan yang mudah dimengerti, coba buat catatan versi kasarnya terlebih dahulu. Tidak usah terlalu mempedulikan kerapihan, selama kamu masih bisa membaca catatanmu sendiri. Jangan lupa untuk memberikan detail-detail yang diterangkan oleh guru di sekolahmu.

  1. Tuangkan Catatan ke Versi Lebih Rapi

Kalau kamu telah selesai membuat catatan versi kasarnya, sekarang saatnya kamu menuangkannya ke versi yang lebih rapi! Sebisa mungkin, langsung kerjakan hal ini di hari yang sama. Hal ini dilakukan supaya kamu masih bisa mengingat-ingat materi pelajaran yang disampaikan guru saat di sekolah.

  1. Buat Semenarik Mungkin

Apa gunanya membuat catatan yang sama tidak rapinya dengan catatan pertama? Tentu kamu akan malas membacanya jika bentuknya sendiri tidak begitu rapi.

Untuk menghindari hal itu terjadi, buatlah catatanmu dengan semenarik mungkin. Gali kreativitasmu dan gunakan pulpen/spidol warna-warni supaya tampilannya menarik dan mudah dibaca. Jika kamu hobi menggambar, jangan ragu untuk memberikan gambar-gambar tambahan yang bisa menjelaskan isi dari poin catatanmu.

  1. Berikan Tanda untuk Poin Penting

Supaya catatan lebih mudah dimengerti, bagi catatanmu ke dalam beberapa poin utama. Setelah itu, berikan tanda pada poin-poin tersebut. Kamu bisa menggunakan stabilo berwarna cerah maupun spidol untuk menandakan poin-poin penting dalam catatanmu.

  1. Baca Kembali Catatanmu

Kalau catatanmu sudah rapi dan menarik, jangan lupa untuk membacanya kembali ya! Simpan catatan tersebut dengan baik agar tidak berceceran dan tetap terawat kualitasnya. Dengan menggunakan buku tulis dari SiDU yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas, catatanmu tentu semakin rapi dan tahan lama.


Berita Lainya

Sering Mengantuk di Kampus? Simak Tips Anti-Ngantuk ini!
Baca Selengkapnya
Cara Menulis Rangkuman Pelajaran yang Baik
Baca Selengkapnya
Cara Membuat Dekorasi Bendera dari Kertas Origami
Baca Selengkapnya