IN | ENG
28 Jan 2019

Lima Tips Sukses Menyampaikan Presentasi

Berbicara di depan umum kerap menjadi kendala bagi sebagian orang. Perasaan gugup, kurang latihan, serta tidak menguasai bahan presentasi merupakan beberapa faktor yang bisa menyebabkan presentasi tidak berjalan dengan lancar.

Jika Anda akan melakukan presentasi dalam waktu dekat ini, tidak perlu panik. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar presentasi bisa tersampaikan dengan baik:

  1. Kenali Latar Belakang Peserta

Sebelum memulai presentasi di depan umum, ada baiknya jika mengenali dahulu latar belakang orang-orang yang akan menyaksikan presentasi Anda. Dengan begitu, Anda dapat menyampaikan presentasi dengan gaya, bahasa, serta isi yang sesuai dengan peserta. Hal ini juga memudahkan peserta untuk mengerti isi presentasi yang Anda sampaikan.

 

  1. Latih Gerak Tubuh, Kontak Mata, dan Suara

Kunci untuk menyampaikan materi dengan lancar adalah latihan, latihan, dan latihan. Coba untuk lakukan presentasi di depan cermin dan perhatikan ekspresi wajah serta gerak tubuh Anda. Perhatikan juga suara Anda ketika berbicara, apakah terlalu besar atau kecil? Apakah Anda cenderung bergumam terlalu lama? Dengan melihat bayangan sendiri di cermin, Anda tentu bisa menilai mana yang bisa diperbaiki dan dilatih lebih baik lagi.

 

  1. Sampaikan dengan Cerita, Bukan Data

Umumnya, peserta akan mudah merasa lelah jika isi presentasi mengandung terlalu banyak data dan angka. Jika presentasi Anda memang menyajikan banyak data, hindari menyampaikan ulang apa yang tertera dalam layar presentasi. Pilih kata-kata yang lebih mudah dimengerti untuk menyimpulkan isi data dan tuturkan seperti sedang bercerita.

 

  1. Gunakan Gambar Visual

Visual akan lebih mudah diingat dibanding angka atau huruf. Jika di dalam presentasi Anda mengandung banyak data, coba ubah bentuk data angka atau huruf menjadi gambar. Ini hanya salah satu contoh, Anda juga bisa berkreasi sekreatif mungkin dengan memasukan beberapa gambar yang mendukung materi presentasi.

 

Namun, pastikan gambar tersebut memang memiliki peran penting. Hindari menambahkan gambar-gambar yang tidak berkaitan atau tidak terlalu berkaitan dengan isi presentasi. Dengan memasukan beberapa materi visual, maka peserta lebih mudah untuk memahami materi presentasi.

 

  1. Siapkan Jawaban untuk Sesi Pertanyaan

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah menyiapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan akan diajukan saat sesi tanya jawab. Untuk melakukan hal ini, tentu Anda perlu menguasai materi presentasi dengan baik dan melakukan beberapa riset. Jika memang perlu, siapkan serta beberapa bukti yang dapat digunakan untuk mendukung jawaban argumen Anda.


Berita Lainya

Tiga Aktivitas Seru dan Edukatif untuk Mengisi Liburan
Baca Selengkapnya
Ingin Produktif? Simak Tips Menjaga Meja Kantor Bersih dan Rapi
Baca Selengkapnya
Cara Membuat Amplop Lebaran dari Kertas Origami
Baca Selengkapnya