06 Aug 2019

Cara Menulis Rangkuman Pelajaran yang Baik

Apakah SiDUers pernah diberikan tugas dari sekolah untuk merangkum pelajaran? Atau mungkin SiDUers ingin membuat rangkuman pelajaran sendiri sebagai persiapan sebelum ujian sekolah? Tidak perlu bingung, SiDU akan beritahu cara menulis rangkuman yang baik di bawah ini:

1. Membaca buku pelajaran dengan teliti

Sebelum SiDUers mulai menulis rangkuman, pastikan untuk membaca dan mengerti isi pelajaran yang ingin dirangkum. Jika SiDUers telah mengerti, maka SiDUers akan tahu bagian-bagian mana yang penting untuk ditulis di rangkuman.

2. Catat atau tandai kalimat-kalimat penting dengan highlighter

Saat membaca buku pelajaran, catat atau tandai kalimat-kalimat yang penting untuk ditulis di rangkuman dengan menggunakan highlighter. Dengan begitu, SiDUers tidak akan merasa kesulitan untuk menemukannya kembali saat mulai menulis rangkuman.

3. Urutkan kalimat-kalimat penting sesuai dengan urutan di buku pelajaran

Setelah selesai mencatat atau menandai kalimat-kalimat penting, cobalah untuk mengurutkannya sesuai dengan urutan yang tertulis di buku pelajaran. Dengan urutan yang sama, SiDUers akan lebih mudah untuk mengingatnya.

4. Gunakan Bahasa sendiri yang mudah dimengerti

Mulailah menulis rangkuman dengan menggunakan bahasamu sendiri, tidak perlu mengikuti bahasa yang ada di buku pelajaran. Dengan menggunakan bahasa sendiri, SiDUers akan lebih mudah memahami dan mengingat apa yang ditulis di rangkuman. Kegiatan belajar pun akan menjadi lebih mudah.

Kegiatan menulis rangkuman ini tentunya akan lebih menyenangkan lagi kalau SiDUers menggunakan Buku Tulis SiDU yang memiliki berbagai pilihan sampul menarik untuk meningkatkan mood belajarmu. Selamat membuat rangkuman, SiDUers!


Berita Lainya

Mau Belajar di Rumah? Pakai Strategi ini!
Baca Selengkapnya
Tips Beradaptasi di Kampus Baru
Baca Selengkapnya
Sering Mengantuk di Kampus? Simak Tips Anti-Ngantuk ini!
Baca Selengkapnya