IN | ENG
28 Dec 2018

5 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Banyak hal yang bisa menghambat produktivitas, seperti membuang waktu, menunda-nunda pekerjaan, kehabisan ide, dan lain-lain. Produktivitas yang terhambat tidak jarang membuat pekerja semakin tertekan di kantor, hingga membuat stress berlebihan. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi kinerja seseorang dalam menjalani profesinya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah produktivitas dalam bekerja. Berikut telah SiDU rangkum 5 tips yang dapat membuat Anda semakin produktif di kantor:

  1. Mendekorasi Meja Kerja

Tidak bisa dipungkiri kalau Anda akan menjadi lebih produktif bekerja di area kerja yang bersih, tertata, dan seluruh dokumen tersusun rapi serta sistematis. Merapikan dokumen-dokumen pada binder dan map, kemudian diberi label sesuai dengan jenis pekerjaan juga akan membuat meja Anda rapi dan mempermudah pencarian dokumen.

Selain itu, meletakkan barang-barang kesayangan atau membuat meja kerja yang cenderung kaku menjadi lebih berwarna pun dapat membuat mood menjadi lebih baik, misalnya saja dengan meletakkan figur kesukaan, atau sekadar menaruh foto bersama keluarga ataupun teman akan lebih memotivasi saat Anda sedang bekerja.

  1. Membuat Prioritas Kerja

Tentukan jenis pekerjaan yang harus Anda kerjakan pertama kali dengan membuat skala prioritas. Mulailah dari pekerjaan yang lebih cepat diselesaikan atau yang lebih penting dahulu. Jika perlu, catat juga estimasi waktu dari setiap daftar prioritas yang Anda buat, agar Anda semakin termotivasi untuk tidak menunda-nunda pekerjaan dan dapat bekerja sesuai target.

  1. Dengarkan Musik

Berdasarkan sebuah studi, mendengarkan lagu santai bisa meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamin. Dua hormon ini dipercaya sebagai hormon kebahagiaan dan kenikmatan di otak. Untuk memperbaiki mood dan meningkatkan kebahagiaan, pastikan Anda memilih lagu dengan tempo yang riang dan ceria. 

Akan tetapi sebelum mendengarkan musik sambil bekerja, pastikan dahulu rekan kerja Anda tidak terganggu, karena preferensi musik setiap orang berbeda-beda. Bila rekan kerja Anda memilih tidak mendengarkan musik, Anda bisa menggunakan headset agar tidak mengganggu dan tetap bisa bekerja dengan optimal. Untuk volume pun jangan terlalu besar dan jangan sampai Anda tidak mendengar saat rekan atau atasan memanggil Anda.

  1. Buat Checklist Harian

Biasakan untuk membuat perkiraan waktu yang diperlukan untuk masing-masing tugas. Dengan demikian, Anda tahu total waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan semua tugas harian tersebut. Selain itu, perkiraan waktu tersebut akan membuat manajemen waktu Anda menjadi lebih baik. Dengan kata lain, Anda tidak akan membuang-buang waktu untuk aktivitas yang tidak penting.

  1. Jangan Multitasking

Hindari melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Multitasking dapat menyebabkan fokus terbagi dan mengurangi produktivitas karena multitasking dapat membuat Anda kehilangan detil penting. Selain itu, multitasking juga membuat Anda lebih rentan membuat kesalahan.

Para ahli dari Institut National de la Santé et de la Recherche Médicale (INSERM) di Paris membuktikan bahwa multitasking menurunkan produktivitas sekitar 40%. Jadi, akan lebih baik jika Anda menyelesaikan pekerjaan satu persatu. Apabila ada rekan kerja yang meminta bantuan, jangan ragu untuk mengatakan “tidak” atau “nanti” dan prioritaskan pekerjaan Anda selesai terlebih dahulu.


Berita Lainya

Sering Mengantuk di Kampus? Simak Tips Anti-Ngantuk ini!
Baca Selengkapnya
Cara Menulis Rangkuman Pelajaran yang Baik
Baca Selengkapnya
Cara Membuat Dekorasi Bendera dari Kertas Origami
Baca Selengkapnya