アセットパブリッシャー

Ini Dia Ukuran Kertas Skripsi yang Benar dan Sesuai Standar!

Ini Dia Ukuran Kertas Skripsi yang Benar dan Sesuai Standar!

25 10 2021

Skripsi adalah tugas akhir yang wajib dibuat oleh mahasiswa sebagai syarat memperoleh gelar sarjana. Bagi mahasiswa di Indonesia, skripsi adalah tantangan tersendiri karena harus bersifat orisinil dan ilmiah. Penulisannya pun tidak bisa sembarangan sebab harus mengikuti aturan dan kaidah yang berlaku di tiap-tiap perguruan tinggi. 

Mahasiswa harus ekstra hati-hati dalam menulis sebuah skripsi karena sifatnya yang formal. Nah salah satu hal yang patut diperhatikan Sahabat SIDU adalah ukuran kertas skripsi yang harus dipakai sebab tepat menggunakannya tentu akan memudahkan kamu menyesuaikan format penyusunan tugas akhir ini. 

Sebelum memulai penulisan, ada yang perlu Kamu ketahui tentang kertas skripsi itu sendiri. Dalam perkembangannya, kertas skripsi dibagi menjadi dua, yaitu kertas sampul dan kertas naskah. Kertas sampul dalam skripsi umumnya menggunakan kertas bufalo atau sejenisnya dengan ukuran yang sama dengan ukuran kertas skripsi , yaitu ukuran A4.  

Sementara itu ukuran kertas skripsi yang paling umum digunakan untuk naskah adalah ukuran A4 berukuran 21 x 29.7 cm atau dalam inchi sekitar 8,3 x 11,7 inchi dengan ketebalan 80 gsm dan berwarna putih. Oh iya, warna putih memang menjadi pilihan standar untuk skripsi, namun Kamu tetap bisa menjadikan tugas akhir ini lebih colorful menggunakan hvs warna 80 gsm sebagai pembatas antar bab. 

Setelah mengetahui ukuran kertas skripsi, hal yang selanjutnya perlu dilakukan adalah adalah menentukan ukuran kertas, pengaturan spasi, dan juga margin di lembar kerja Microsoft Word. Meskipun pada awal penulisan Kamu sebenarnya bisa saja dibebaskan memakai kertas ukuran apapun dengan warna putih polos, namun ada baiknya mulai biasakan diri dengan ukuran yang benar dari awal.  Berikut tips cara mengatur ukuran kertas skripsi yang benar dan sesuai standar: 

  • Pengaturan ukuran kertas 

Sebelum mulai menulis skripsi, Kamu disarankan buat mensetting pengaturan ukuran kertas skripsi lebih dulu supaya memudahkan kamu dalam proses pengeditan selanjutnya. Kamu bisa buka menu Page Layout, pilih ukuran A4. Nah, otomatis tulisan kamu selanjutnya akan mengikuti settingan ini. Jika jurusan kamu menentukan ukuran kertas yang berbeda (bukan ukuran A4), tinggal kamu pilih saja Custom Sizes, lalu masukkan sesuai kebutuhan kamu. 

  • Pengaturan spasi pada Word 

Pengaturan spasi pada Word sangat penting karena menentukan kerapian dan estetika laporan skripsi. Untuk mengatur spasi, pada kamu bisa memilih menu Paragraph -> ikon spasi. Disitu ada beberapa pilihan line spacing mulai dari 1.0 sampai 3.0. Untuk ukuran spasi di luar itu, kamu bisa memilih opsi Line spacing option. 

Perhatikan juga spasi antar paragraf ya. Seringkali, mahasiswa lupa mengoreksi bagian ini sehingga jarak spasi antar paragraf berbeda satu dengan lainnya. 

  • Jenis huruf di Word 

Di dalam Microsoft Word sendiri ada berbagai macam pilihan font/huruf. Mulai dari yang formal sampai yang terlihat seperti handwriting. Untuk pembuatan skripsi, font yang paling umum dipakai adalah Times New Roman dengan ukuran 12. Hal ini tentu saja bisa berbeda tergantung ukuran kertas skripsi yang disyaratkan oleh setiap jurusan. 

Pengaturannya bisa sobat klik di Tab Font, lalu pilih huruf Times New Roman dengan ukuran 12. Jangan lupa, untuk kosakata bahasa asing buatlah font-nya menjadi Italic  ya. 

  • Setting margin kertas 

Cara menentukan margin pada skripsi cukup mudah. Margin dalam word terbagi menjadi 4 yaitu margin atas (top), margin bawah (bottom), margin kanan (right) dan margin kiri (left). Umumnya, pengaturan margin skripsi adalah 44433. Caranya, klik Page Layout-> Page setup -> Margin. Pada bagian ini akan ada pilihan Top, Bottom, Left dan Right, tinggal isi saja sesuai kebutuhanmu. Mudah bukan? 

  • Membuat Margin Berbeda dalam Satu Dokumen

Membuat skripsi mulai dari halaman sampul hingga daftar pustaka memang terlihat mudah. Namun banyak juga yang kesulitan karena pada bagian tertentu terdapat margin yang harus dibedakan, sehingga perlu mensettingnya terlebih dahulu. Lalu bagaimana caranya? 

  1. Pilih menu Page layout -> Breaks , lalu klik Next page.

  2. Di halaman berikutnya, pilih lagi menu Page layout -> Margin -> Custom margin, masukkan margin sesuai kebutuhan 

  3. Selanjutnya, pada opsi Apply to, pilihlah This point forward, klik Ok. Coba kamu perhatikan,  halaman yang kamu baru saja kamu seting pasti terlihat mempunyai margin yang berbeda dengan yang sebelumnya. Untuk mengeceknya kamu bisa mencetaknya terlebih dulu di kertas ukuran A4. 


Itulah tips cara mengatur kertas skripsi. Tidak terlalu sulit bukan?  Oh ya, jangan lupa sempurnakan tugas akhir dengan kertas dari SIDU yang sudah terjamin dan berkualitas. Ada berbagai macam ukuran loh, mulai dari ukuran A4, hvs putih, hvs warna 80 gsm dan masih banyak lagi.  Semangat selalu!