Aset Penerbit

Maksimalkan Produktivitas Work From Home Tips Praktis.

Mau Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah? Ikuti Tips Sederhana Ini

06 Sep 2021

Sekarang ini, banyak orang yang harus bekerja dari rumah atau yang sering disebut dengan WFH (Work from Home). Dan ada yang memprediksi ini bakal menjadi kebiasaan baru di masa depan. Apalagi jika Anda bekerja di sebuah perusahaan yang dinaungi oleh anak-anak milenial. Kehadiran di kantor tidak begitu penting. Yang terpenting adalah hasil dari pekerjaan. Semuanya diukur dari seberapa efektif dan cepat pekerjaan diselesaikan.

Itulah mengapa bekerja dari mana saja, terutama dari rumah mungkin akan menjadi tren baru di masa depan. Hanya saja, ada masalah. Banyak pekerja yang belum bisa beradaptasi dengan sistem seperti ini. Mereka justru kurang produktif saat bekerja dari rumah.

Jika ada kemungkinan Anda akan lebih sering WFH entah itu sekarang atau kedepannya nanti, ada baiknya Anda pelajari bagaimana tips efektif yang WFH. Tips ini akan membuat Anda tetap produktif meskipun bekerja di rumah. Atau bahkan produktivitas Anda meningkat ketika Anda melakukan pekerjaan dari rumah.

Pentingnya Mengatur Ruangan Kerja

Psikologi seseorang menentukan bagaimana ia bekerja. Dan psikologi ini sangat dipengaruhi oleh suasana kerja. Entah itu di work from home  atau di kantor, ketika suasana kerja tidak kondusif, seorang pekerja tidak akan produktif. Di lain sisi, sekalipun ia bekerja di rumah, ia tetap produktif ketika suasananya mendukung.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk mengatur ruangan kerja di rumah Anda. Apalagi jika Anda harus lebih lama WFH. Sebaiknya Anda buat satu ruangan khusus untuk bekerja.

Memang Anda bisa bekerja di mana saja, seperti di ruang makan, ruang tamu, ruang keluarga, atau bahkan di kamar tidur. Akan tetapi, hal tersebut tidak disarankan. Karena saat Anda bekerja di kamar tidur misalnya, suasananya pasti kurang kondusif. Anda menjadi malas karena psikologis Anda terbawa seolah-olah Anda akan istirahat, bukan bekerja.

Makanya, salah satu tips WFH yang efektif adalah membuat ruangan kerja sendiri di rumah. Anda bisa memanfaatkan space yang ada di rumah untuk Anda jadikan sebagai ruang kerja.

Ada beberapa hal yang patut untuk Anda perhatikan. Yang pertama, sebaiknya Anda membuat ruang kerja di rumah yang menghadap ke jendela. Karena dengan ini, Anda akan lebih fokus. Di sisi lain, mata Anda akan lebih fresh. Udara yang Anda hirup lebih segar dan inilah yang akan membuat Anda terus bersemangat saat bekerja dari rumah.

Yang kedua, atur posisi kursi dan meja senyaman mungkin. Ada baiknya Anda membeli kursi dan meja kerja. Ini bisa memanipulasi otak Anda sehingga Anda benar-benar merasa seperti di kantor. Ini akan memacu Anda untuk bekerja lebih produktif.

Dan yang terakhir, siapkan semua peralatan di meja kerja Anda. Komputer, laptop, smartphone, buku kerja, kertas HVS warna untuk print, pena, pensil, penghapus, dokumen penting, dan lain sebagainya harus ada di meja Anda. Semuanya harus ditempatkan di suatu tempat yang mudah untuk Anda jangkau.

Pada intinya, Anda harus membuat suasana seperti saat Anda berada di kantor. Dan ini bisa Anda lakukan dengan cara menyiapkan satu space atau ruang khusus untuk bekerja di rumah.

Hal yang Perlu Dilakukan Agar Tetap Produktif Saat WFH

Apakah sudah cukup dengan hanya membuat ruang kerja sendiri di rumah? Faktanya tidak. Itu hanya satu dari sekian banyak tips WFH yang efektif yang harus Anda lakukan. Selanjutnya, ada hal lain yang pantas untuk Anda perhatikan.

1. Ikuti Jadwal

Ada perbedaan mendasar antara WFH dengan WFO (Work from Office). Ketika Anda berangkat kantor, sudah ada sistem dan aturan yang jelas. Misalnya saja kapan Anda harus datang ke kantor dan Anda tidak boleh terlambat. Ada absensi digital. Belum lagi ada atasan yang mengawasi Anda selama Anda bekerja seharian.

Berbeda ketika Anda bekerja dari rumah. Sepenuhnya ada di tangan Anda, mulai dari kapan Anda mulai bekerja, bagaimana Anda mengerjakan pekerjaan, dan kapan Anda selesai bekerja. Atasan Anda hanya akan melihat bagaimana output dari apa yang Anda kerjakan. Dan inilah yang sering membuat seseorang kurang produktif saat bekerja di rumah.

Untuk itu, ada baiknya Anda buat jadwal. Memang Anda sendiri yang membuat jadwal. Namun, anggap saja itu jadwal yang dibuat oleh atasan Anda. Maka Anda harus mengikuti jadwal tersebut.

Buatlah jadwal yang pasti, seperti kapan harus mulai bekerja, kapan harus istirahat, dan kapan harus selesai bekerja. Jika perlu, Anda bisa menulis apa saja daily planner setiap hari.

2. Buat Suasana Seperti Di Kantor

Membuat suasana ruang kerja di rumah layaknya kantor tidak cukup dengan membeli kursi dan meja kerja. Ada baiknya Anda juga memakai pakaian yang rapi layaknya Anda di kantor. Sebelum bekerja, sebaiknya Anda mandi dan sarapan. Pakailah pakaian yang tentu tidak harus terlalu formal tapi minimal menunjukkan bahwa Anda seorang pekerja profesional yang harus menyelesaikan sebuah pekerjaan.

3. Hindari Melakukan Kegiatan Lain

Yang paling sering mengganggu produktivitas saat bekerja dari rumah adalah adanya gangguan. Misalnya saja ada anak yang mengajak bermain atau istri yang meminta bantuan untuk membelikan sesuatu.

Sebaiknya, terapkan aturan yang ketat. Mintalah anggota keluarga Anda untuk menghargai Anda saat sedang bekerja. Anda bisa menolak untuk melakukan kegiatan lain selain bekerja di saat jam kerja.

4. Lakukan Koordinasi dengan Tim secara Rutin

Meskipun Anda bekerja di rumah, lakukan koordinasi dengan tim secara rutin. Koordinasi bisa berupa mengirim email, video conference, dan lain sebagainya. Ini juga menjadi cara agar suasana bekerja lebih baik meskipun masing-masing bekerja dari rumah.

5. Buat Target dan Catat Progres

Setiap pekerjaan harus ada target. Catat target apa yang harus dicapai. Catat juga setiap progres. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk mengetahui seberapa produktif Anda bekerja di rumah.

Itulah beberapa tips WFH yang efektif. Anda bisa menerapkan dan Anda akan menjadi pekerja yang tetap produktif atau bahkan jauh lebih produktif.

Artikel Lainnya: