18 May 2020

Yuk, Mulai Menulis Untuk Hati yang Lebih Bahagia!

SiDUers, apakah di antara kalian memiliki hobi menulis? Sebagian dari kalian mungkin memiliki minat menulis cerita pendek atau bahkan novel yang dikembangkan dari imajinasi dalam diri. Sebagian dari kalian juga bisa jadi belum terbiasa dengan kegiatan menulis. Rupanya, menulis tidak hanya bermanfaat bagi daya ingat, tetapi juga kesehatan mental lho! Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu perlu memulai kebiasaan menulis.

  • Menulis membuatmu lebih terorganisir

Keinginanmu untuk menulis akan membantumu berusaha untuk mengatur jadwal menulis di sela hari-harimu secara lebih terstruktur. Selain itu, jadwal yang kamu susun juga dapat membantu mempertahan jadwal kegiatan sehari-harimu yang lain, sehingga kamu merasa tenang karena seluruh kegiatanmu dapat berjalan dengan teratur.

  • Menulis membantumu mengolah dan menangani emosi

Ketika kamu mengalami kejadian yang menyedihkan, menuangkan emosi ke dalam rangkaian kata dapat membantu mempercepat penyembuhan perasaan sedihmu. Sebuah studi oleh peneliti dari Selandia Baru juga mengungkapkan bahwa peserta penelitian yang merupakan pasien dengan riwayat pengambilan biopsi kulit mengalami kemajuan bekas luka yang ada di tubuh mereka setelah ditugaskan untuk menuangkan pikiran terdalam mereka tentang apapun ke dalam sebuah catatan selama dua minggu. Wah, menulis ternyata juga dapat membantu penyembuhan luka fisik! 

  • Menulis membuat pikiran dan tubuhmu lebih baik

Menuangkan emosi serta pikiran ke dalam tulisan ekspresif ternyata juga memiliki manfaat dalam jangka panjang lho, SiDUers! Sebuah artikel dalam jurnal Advance in Psychiatric Treatment tahun 2005 melansir bahwa menulis ekspresif mampu meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan serta menurunkan kadar stres dan gejala depresi dalam diri.

  • Menulis meningkatkan kualitas tidurmu

Dikutip dari Psychology Today, dengan membiasakan menulis apa saja yang dapat disyukuri dalam hidup selama 15 menit sebelum tidur malam, kita dapat merasa lebih bahagia dan kualitas tidur di malam hari juga dapat meningkat.

Pada akhirnya, kita bisa ketika kita telah terbiasa. Untuk itu, tidak ada kata terlambat untuk memulai menulis hari ini. Tentunya, kegiatan latihan menulismu akan lebih menyenangkan dengan buku tulis SiDU!


Berita Lainnya

Kontak Distributor Resmi SiDU di Kota Anda
Baca Selengkapnya
3 Ide Pernak-Pernik Hari Raya
Baca Selengkapnya
Rayakan Idul Fitri dengan Kartu Lebaran Buatan Sendiri!
Baca Selengkapnya