16 Jan 2020

Ketahui Jenis-Jenis Origami di sini!

Tentunya, SiDUers sudah tahu kan apa itu origami? Ya, origami adalah sebuah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Sebelumnya, SiDU pernah membahas tentang asal-usul origami dan profil Akira Yoshizawa sebagai tokoh yang menciptakan origami. Nah, sekarang SiDU mau beritahu jenis-jenis origami yang terkenal dan paling sering digunakan. Berikut adalah daftarnya:

  1. Origami Murni (Pureland Origami)

Jenis origami murni terkenal dengan aturannya yang sangat ketat. SiDUers juga hanya bisa membuat sebuah objek dengan lipatan-lipatan langsung tanpa mengulanginya sekalipun.

  1. Origami Bergerak (Action Origami)

Tidak hanya objek diam, SiDUers juga bisa membuat objek bergerak dari kertas origami lho! Origami bergerak ini biasanya digerakkan dengan bantuan tangan sehingga bisa menciptakan gerakan seperti mengepakkan sayap, melompat, membuka mulut, dan lainnya.

  1. Origami Basah (Wet-Folding Origami)

Jenis origami satu ini adalah salah satu yang paling unik karena cara membuatnya yang menggunakan kertas origami basah. Biasanya, kertas origami ini dibasahi dengan sengaja, dibentuk menjadi sebuah objek, dan dibiarkan sampai kering. Kertas origami yang basah dan lembab ternyata justru lebih mudah untuk dibentuk karena lebih fleksibel lho.

  1. Origami Moduler (Modular Origami)

Origami Moduler atau yang sering disebut sebagai origami 3 dimensi (3D) disusun oleh beberapa lipatan kertas origami dengan bentuk yang sama. Pada umumnya, lipatan yang dibentuk cukup sederhana, tapi membutuhkan waktu yang lama.

  1. Tesselasi Origami (Origami Tessellation)

Seni melipat kertas jenis tesselasi ini dibuat dengan cara membentuknya menjadi susunan ubin kertas yang dilipat sedetail mungkin. Bentuk yang dihasilkan adalah bidang 2 dimensi yang beraturan.

Setelah tahu apa saja jenis origami, bagaimana pendapat SiDUers, nih? Apa jenis origami yang ingin kamu coba? Jangan lupa mencobanya dengan menggunakan Kertas Origami SiDU ya. Dengan berbagai warna dan ukuran yang tersedia, karyamu akan semakin keren!


Berita Lainya

Selesaikan Skripsi dan Lulus Tepat Waktu dengan Cara ini!
Baca Selengkapnya
Inilah 3 Jenis Karya Sastra yang Perlu Kamu Ketahui
Baca Selengkapnya
Ayo Tulis Pesanmu di Hari Ibu bersama Buku Tulis SiDU
Baca Selengkapnya