20 Mar 2020

Hobi Menulis? Ini Profesi Idamanmu!

Tahukah SiDUers bahwa hobi menulis itu bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan di masa depan? Ternyata, ada berbagai profesi yang sangat membutuhkan hobi atau passion menulis. Apa saja profesinya? Simak ulasannya di bawah ini ya

  1. Jurnalis

Profesi yang membutuhkan keterampilan menulis tinggi adalah jurnalis. Mereka harus memastikan ejaan tulisan mereka benar dan memiliki tulisan yang meyakinkan pembacanya. Pada umumnya, jurnalis memiliki tanggung jawab untuk menulis artikel atau berita, baik untuk media cetak maupun media digital.

  1. Novelis

Kemampuan menulis dan mengarang cerita sangat dibutuhkan oleh para novelis untuk menulis sebuah novel. Mereka harus memiliki ide cerita yang kreatif dan kemampuan merangkai kata-kata yang dapat menyentuh hati para pembacanya.

  1. Penulis Naskah

Serupa dengan novelis, penulis naskah juga harus memiliki kemampuan yang sama untuk menarik minat para penonton. Seperti namanya, penulis naskah bertugas untuk menulis skenario dan dialog untuk sebuah film atau serial televisi.

  1. Editor

Tingkat ketelitian yang tinggi, aturan ejaan dan struktur penulisan yang benar adalah hal yang harus dikuasai oleh para editor. Mereka berperan sangat besar karena menjadi penentu tulisan-tulisan yang telah dibuat sudah benar dan siap untuk dipublikasikan. Editor dapat bertugas untuk menyunting berbagai macam tulisan, mulai dari artikel, buku, hingga naskah.

  1. Blogger

Di zaman digital kini, menulis berbagai informasi di sebuah blog sudah merupakan hal yang dilakukan banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Informasi yang dapat ditulis juga bervariasi dan dapat disesuaikan dengan minatmu. Ketika kamu sudah mendapat banyak pembaca atau pengunjung, itu berarti blog-mu menarik dan kamu dapat memasang iklan yang menghasilkan uang.

  1. Penerjemah

Dengan menguasai banyak bahasa, kamu bisa menjadi penerjemah. Namun, tidak hanya itu yang dibutuhkan, kamu juga harus memiliki kemampuan untuk menciptakan tulisan dengan arti dan kesan yang sama dengan tulisan dalam bahasa aslinya. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang tertarik untuk menguasai berbagai bahasa.

  1. Content Writer

Mirip seperti jurnalis, content writer juga memiliki tanggung jawab untuk menulis artikel. Namun, selain artikel, content writer juga menulis konten untuk media sosial, website, dan lain-lain.

  1. Copywriter

Profesi ini membutuhkan kreativitas dan keterampilan menulis yang tinggi. Pemilihan kata dalam tulisan mereka sangat menentukan berhasil atau tidaknya target pemasaran yang telah ditetapkan. Biasanya, hasil tulisan copywriter dicantumkan di iklan pada banner, video, billboard, hingga website.

 

Nah, setelah mengetahui apa saja profesi yang sesuai dengan hobi menulismu, waktunya kamu menekuninya dari sekarang nih, SiDUers supaya karirmu kelak menjadi sukses. Untuk berlatih menulis, sebaiknya kamu pakai Buku Tulis SiDU (https://sidu.id/id/perlengkapan-sekolah). Kertasnya terbuat dari bahan berkualitas dan tebal sehingga awet dipakai dan membuat pengalaman menulismu menjadi menyenangkan.


Berita Lainnya

Ikutan Lomba Menulis #SiDUBanggaIndonesia dan Rayakan HUT RI
Baca Selengkapnya
Yuk Ikutan Lomba #selfiebarengSiDU!
Baca Selengkapnya
Yuk, Mulai Menulis Untuk Hati yang Lebih Bahagia!
Baca Selengkapnya