12 Dec 2019

Apa yang Dimaksud dengan Puisi Lama dan Apa Saja Jenisnya? Cari Tahu di Sini!

Seperti yang kita ketahui, puisi adalah salah satu karya sastra yang banyak digemari dan memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan. SiDU sudah pernah membahas tentang cara menulis puisi sebelumnya, tapi tahukah SiDUers apa yang dimaksud dengan puisi lama? Kali ini, SiDU ingin membahas tentang puisi lama nih, disimak ya.

            Puisi lama adalah puisi yang sudah ada sejak zaman dahulu dan biasanya digunakan dalam upacara-upacara adat. Berbeda dengan puisi modern yang dapat ditulis secara bebas tanpa aturan, puisi lama memiliki berbagai aturan yang harus diikuti berkaitan dengan jumlah kata dalam 1 baris, jumlah baris dalam 1 bait, jumlah suku kata, dan rima.

            Puisi lama memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah syair, pantun, mantra, dan gurindam. Sesuai dengan namanya, syair adalah puisi lama yang berasal dari Arab dengan ciri-ciri memiliki 4 baris dalam 1 bait, berima a-a-a-a, dan berisi tentang cerita dilengkapi dengan nasihat di dalamnya.

            Salah satu jenis puisi lama yang paling dikenal banyak orang dan masih digunakan hingga saat ini, baik dalam upacara adat maupun komunikasi sehari-hari adalah pantun. Pantun memiliki ciri-ciri berima a-b-a-b, memiliki 4 baris dalam 1 bait: 2 baris sampiran dan 2 baris isi, serta suku katanya berjumlah 8-12 suku kata dalam setiap baris. Pantun bisa berupa pantun anak, teka-teki, nasihat, dan lain-lain.

            Jenis puisi lama yang dianggap paling unik adalah mantra karena selalul dikaitkan dengan hal-hal ghaib dan mistis. Ciri-ciri mantra adalah berima, menggunakan bahasa yang mengandung majas metafora dan sifatnya misterius. Mantra biasanya digunakan untuk meminta kekuatan, mengusir roh halus, dan sebagainya.

            Gurindam adalah jenis puisi lama yang berasal dari India. Gurindam memiliki 2 baris di setiap baitnya dan berima a-a. Biasanya, gurindam berisi tentang nasihat kehidupan.

            Nah, setelah mengetahui puisi lama dan jenis-jenisnya, apakah SiDUers tertarik untuk mencoba menulis salah satu jenis puisi lama di atas? Saat mencoba menulis puisi lama, jangan lupa untuk menggunakan buku tulis SiDU yang dibuat dari kertas berbahan tebal dan berwarna cerah agar menulis pun menjadi lebih nyaman dan menyenangkan ????

 


Berita Lainya

Selesaikan Skripsi dan Lulus Tepat Waktu dengan Cara ini!
Baca Selengkapnya
Inilah 3 Jenis Karya Sastra yang Perlu Kamu Ketahui
Baca Selengkapnya
Ketahui Jenis-Jenis Origami di sini!
Baca Selengkapnya