30 Sep 2019

Yuk, Ketahui Asal Usul Origami!

Origami tidak hanya digemari oleh anak-anak saja, namun orang dewasa sekalipun. Tapi, apakah SiDUers tahu bahwa seni origami justru pertama kali muncul di Tiongkok? Sebelum membahas asal usulnya, mari kita cari tahu dulu apa itu origami.

Origami berasal dari bahasa Jepang yang berarti seni melipat kertas. Origami terdiri dari kata ‘ori’ yang artinya ‘lipat’ dan ‘kami’ yang artinya ‘kertas’. Kesenian Jepang ini menggunakan kertas berbentuk persegi yang kemudian dilipat dan dibentuk menjadi berbagai objek, seperti hewan atau suatu benda.

Jika membahas tentang asal usul origami, konon masyarakat mulai mengenal cara melipat kertas di Tiongkok pada abad pertama ketika kertas mulai diperkenalkan. Kemudian, ilmu melipat kertas berkembang hingga ke Jepang, diawali dengan membuat penutup botol sake dari kertas yang dilipat. Setelah itu, melipat kertas pun semakin sering dilakukan oleh masyarakat dan menjadi sebuah kesenian di Jepang.

Di Jepang, origami semakin berkembang pesat sebagai sebuah budaya turun-temurun yang diajarkan di sekolah-sekolah karena bisa meningkatkan ketelitian dan kreativitas. Pada akhirnya, origami menjadi dikenal oleh masyarakat dunia, termasuk masyarakat Indonesia.

Begitulah cerita asal usul origami, SiDUers. Tertarik untuk mencoba membuat karya seni origami? SiDUers bisa gunakan Kertas Origami SiDU yang tersedia dalam berbagai ukuran dan warna yang akan membuat karya senimu jadi semakin keren!

 


Berita Lainya

Selesaikan Skripsi dan Lulus Tepat Waktu dengan Cara ini!
Baca Selengkapnya
Inilah 3 Jenis Karya Sastra yang Perlu Kamu Ketahui
Baca Selengkapnya
Ketahui Jenis-Jenis Origami di sini!
Baca Selengkapnya