02 Nov 2019

Tren Jenis-Jenis Kertas untuk Berkreasi

Tren kertas untuk digunakan dalam berkreasi dan membuat kerajinan tangan terus berevolusi dan berganti seiring perkembangan zaman.

 

Sejarah menyebutkan bahwa manusia telah sejak lama memanfaatkan berbagai jenis kertas dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, kertas juga digunakan untuk berkreasi demi memenuhi kebutuhan esensial, sebagai kerajinan tangan, hingga menjadi sebuah karya seni yang unik. Apa saja ya jenis-jenis kertas yang pernah melalui tren? Cek artikel di bawah ini, yuk!

Origami dan Kirigami

Siapa yang tak mengenal origami? Salah satu di antara kalian pasti pernah berkreasi dengan origami sewaktu masih kecil. Origami adalah jenis kertas yang sering digunakan untuk kebutuhan sekolah. Bagi kamu yang penasaran dengan sejarah origami, origami adalah seni melipat kertas yang sangat populer yang berasal dari Jepang. Dahulu, origami adalah kerajinan tangan yang menjadi bagian dari kebudayaan tradisional Jepang. Melipat kertas dengan kertas origami telah dipraktikan sejak zaman Edo. Eksistensi origami menyebar ke penjuru Asia hingga benua-benua lain, seperti Amerika dan Eropa, hingga merambah ke pelosok dunia. Origami berada di puncak popularitasnya sejak tahun 1900-an. Selain origami, sebenarnya terdapat juga kerajinan tangan lain khas Jepang, yaitu kirigami. Kirigami adalah variasi seni melipat yang lebih kompleks, sulit, dan menantang dibanding origami. Dalam menggunakannya, kirigami dapat dipadukan dengan lem untuk merekat dan dipotong-potong menggunakan gunting untuk berkreasi. Ini lah yang membedakannya dengan origami yang murni hanya melipat tanpa menggunting atau merekat.

Quilling
Di benua Eropa juga berkembang seni kerajinan kertas jenis lain yang bernama quilling. Quilling adalah seni menggulung kertas dengan membuat irisan dan potongan, lalu dirangkai, disusun, dan direkatkan satu sama lain menghasilkan suatu bentuk tertentu, seperti bunga, binatang, atau objek lain di sekitar. Quilling telah dikenal di Eropa sejak abad ke-17 dengan sebutan awal roll work. Quilling berkembang pertama kali di Inggris di zaman Victorian pada masa Raja George III. Saat itu, putri sang raja menggemari kegiatan kerajinan tangan ini dan rajin memberi karya-karya quilling-nya kepada teman dan kerabat sebagai hadiah, salah satunya yang terkenal adalah kotak perhiasan. Lalu, seni menggulung ini merambah ke Perancis dan Italia pada abad ke-18, di mana quilling digunakan oleh biarawan untuk menghiasi ornamen-ornamen keagamaan. Quilling menjamah benua Amerika dengan penggunaannya yang lebih luas dan tidak sekedar untuk ornamen agama, seperti menghias furnitur di rumah, menjadi pajangan, tatakan gelas, dan buah tangan. Sama seperti origami, quilling juga tak lekang dimakan oleh zaman dan masih banyak dipraktikan hingga saat ini.

Kertas Gelombang

Di Indonesia, salah satu kerajinan tangan yang belakangan ini sedang populer adalah corrugated paper, atau dalam bahasa Indonesia disebut kertas bergelombang. Kertas gelombang memiliki karakterisik yang serupa dengan cardboard atau kertas kardus. Jika dibandingkan dengan origami, kertas gelombang relatif lebih tebal dan memiliki kontur yang bervolume pada lapisan dalamnya, menghasilkan tampilan yang bergelombang. Kertas gelombang memiliki persamaan dengan kirigami, yaitu dalam kreasi dan penggunaannya kertas gelombang biasanya melalui proses gunting, rekat, sambung, dan potong.

Kokoru

Kokoru merupakan salah satu kertas gelombang yang terkenal di Indonesia. Kokoru terkenal di berbagai kalangan dan umur, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, karena fungsi dan manfaatnya yang beragam. Kokoru terbagi atas 6 jenis, Hachi, Hachiro, Hachigo, serta Ichi, Ichiro, Ichigo. Kokoru Hachi, Hachiro, dan Hachigo memiliki dimensi yang sama dengan kertas A4, sedangkan Kokoru Ichi, Ichiro, dan Ichigo memiliki bentuk seperti garis panjang. Bedanya, warna kertas Hachigo dan Ichigo lebih lembut dibandingkan jenis yang lain. Hasil kreasi dengan Kokoru mengasilkan kerajinan kertas yang terlihat nyata karena bentuknya yang tiga dimensi dan pilihan warna kertas yang bermacam-macam. Kokoru sering dimanfaatkan untuk menjadi hiasan rumah, pajangan meja, mainan kertas, suvenir, buah tangan pernikahan, paper model, hingga hasil karya untuk pameran dan pembuatan diorama. Kokoru terbukti memiliki keunikan dan keindahan tersendiri dibanding kertas gelombang lain.


Berita Lainya

Kisah Legenda Origami Lucky Star
Baca Selengkapnya
5 Benda Pelengkap yang Dibutuhkan Mahasiswa
Baca Selengkapnya
Hobi Menulis? Ini Profesi Idamanmu!
Baca Selengkapnya