24 Feb 2020

Tips Bebas dari Kesalahan Penulisan ala SiDU

Dalam menulis, terkadang kita terlalu fokus untuk mengutarakan apa yang ada di pikiran kita ke dalam tulisan tanpa memikirkan benar atau tidaknya struktur atau kata yang kita gunakan. Hal inilah yang memicu timbulnya kesalahan penulisan dalam tulisan kita. Nah, untuk menghindarinya, SiDUers perlu tahu nih beberapa tips agar kamu terbebas dari kesalahan penulisan. Yuk, simak tipsnya di bawah ini:

  1. Dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu judul tulisan. Gunakanlah huruf kapital di awal judul dan di setiap suku kata, kecuali kata penghubung.
  2. Gunakan juga huruf kapital di setiap awal paragraf dan kalimat yang kamu tulis ya.
  3. Huruf kapital juga selalu harus kamu gunakan untuk menulis nama orang, jalan, tempat, dan kata panggilan dalam percakapan.
  4. Gunakan ejaan bahasa Indonesia yang benar sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
  5. Perhatikan penggunaan tanda baca dalam tulisanmu. Pastikan sudah sesuai dengan peraturan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  6. Pastikan kamu menggunakan spasi untuk memisahkan setiap kata yang kamu tulis.
  7. Periksalah pola kalimat yang kamu tulis dan gunakan pola Subjek – Predikat – Objek – Keterangan.

 

Itulah beberapa tips bebas kesalahan penulisan ala SiDU. Nah, sudah siapkah kamu untuk mulai menulis? Yuk, jangan lupa untuk gunakan Buku Tulis SiDU ( https://sidu.id/id/perlengkapan-sekolah) yang memiliki kertas tebal dan berwarna cerah supaya tulisanmu lebih bagus dan menarik!


Berita Lainnya

Ikutan Lomba Menulis #SiDUBanggaIndonesia dan Rayakan HUT RI
Baca Selengkapnya
Yuk Ikutan Lomba #selfiebarengSiDU!
Baca Selengkapnya
Yuk, Mulai Menulis Untuk Hati yang Lebih Bahagia!
Baca Selengkapnya