18 May 2020

Rayakan Idul Fitri dengan Kartu Lebaran Buatan Sendiri!

SiDUers, sebentar lagi lebaran akan tiba! Walaupun rencana mudik bersama keluarga tahun ini ditunda dan kamu akan tetap berada di rumah selama masa pandemi berlangsung, berusaha untuk tetap berkomunikasi dan menjalin silaturahmi dari jauh dengan keluarga serta teman-temanmu adalah keputusan yang terbaik. Nah, kartu ucapan lebaran merupakan salah satu dari berbagai media yang biasanya digunakan untuk menyampaikan rasa suka cita kita kepada orang-orang tersayang. Walaupun gadget dengan ucapan lebaran online-nya telah marak digunakan dan cenderung lebih praktis, kartu ucapan lebaran dalam bentuk fisik masih memberikan kesan yang lebih istimewa. Untuk itu, SiDU akan berbagi tips dan ide kreasi kartu ucapan lebaran yang dapat kamu buat di rumah untuk nantinya kamu berikan kepada kakek nenek, saudara, atau teman dekatmu. 

  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kartu lebaran kreasimu sendiri, seperti lem, gunting, serta alat tulis dan mewarnai. Jangan lupa untuk menggunakan kertas berwarna SiDU dan Kokoru serta kertas origami untuk mempercantik kartumu!
  • Mulailah dengan menyusun kerangka kartu lebaran. Sebelum kamu mulai membuat kartu lebaran, kamu perlu menentukan akan dibuat seperti apa kartu tersebut. Menyesuaikan desain kartu dengan usia orang yang menerima kartu ucapanmu juga penting dilakukan. Kamu dapat membuat kartu ucapan bergaya polos dua dimensi, atau kamu juga bisa berkreasi dengan model pop up yang memberikan kesan tiga dimensi dari gambar dan hiasan di dalamnya.
  • Persiapkan pilihan kata-kata yang menarik untuk kartu ucapanmu. Pemilihan kata dan teknik yang menarik seperti pantun atau puisi yang mengandung unsur hari raya akan menjadikan kartu ucapan lebih menarik dan bermakna.
  • Tambahkan hiasan yang sesuai dengan tema kartu ucapan. Untuk ucapan lebaran, kamu dapat berkreasi dengan gambar, tulisan kaligrafi, atau motif bingkai di pinggir kartu. Kamu juga dapat menyertakan kutipan ayat suci pilihan di dalam kartu ucapan, sehingga penerima kartu ucapan darimu dapat menghayati makna hari raya yang sesungguhnya.
  • Pastikan kamu menyertakan nama penerima. Mengingat bahwa kamu akan mengirimkannya ke beberapa orang, penting untukmu mencantumkan nama penerima kartu ucapan darimu. Selain untuk memudahkanmu menyerahkan kartu ucapan lewat pos, penerima akan merasa terkesan karena kamu menganggap mereka spesial.


Berita Lainnya

Ikutan Lomba Menulis #SiDUBanggaIndonesia dan Rayakan HUT RI
Baca Selengkapnya
Yuk Ikutan Lomba #selfiebarengSiDU!
Baca Selengkapnya
Yuk, Mulai Menulis Untuk Hati yang Lebih Bahagia!
Baca Selengkapnya