19 Nov 2019

Menggambar dapat Mengasah Kecerdasan Anak

Dengan menggambar, potensi dan bakat anak dapat diarahkan dengan lebih mudah

Menggambar adalah salah satu kegiatan yang disukai oleh banyak orang, terutama anak-anak. Tak hanya sekadar aktivitas yang menyenangkan, menggambar juga memiliki beragam manfaat dan peranan penting bagi tumbuh kembang anak. Selain dapat mengisi waktu luang, menggambar juga memberikan ruang kreativitas yang luas bagi anak, meningkatkan sisi imajinasinya, serta mengasah kemampuan seni mereka.

Penasaran apa saja manfaat-manfaat lain dari kegiatan menggambar? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Tingkatkan Kecerdasan Motorik

Menggambar dapat meningkatkan kerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Kerjasama tangan dengan otak ini penting untuk perkembangan anak. Melatih kemampuan mewarnai juga akan membantu anak ketika belajar menulis.

 

Latih Kemampuan Koordinasi

Saat menggambar, anak belajar menggunakan alat mewarnai seperti krayon, spidol, dan pensil warna, cara memilih warna, serta teknik mengombinasikan warna. Kegiatan tersebut dapat melatih kemampuan koordinasi anak pada mata, tangan, serta otak.

 

Sarana Mengekspresikan Diri

Bagi anak yang sulit mengungkapkan perasaan dan emosi mereka, menggambar bisa menjadi sarana yang tepat bagi mereka. Menggambar dapat menjadi terapi emosi karena anak bisa menuangkan perasaan yang dirasakan, baik senang atau sedih, melalui gambar yang ia buat.

 

Tingkatkan Konsentrasi dan Fokus

Menurut penelitian, menggambar dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, meski ada gangguan di sekitarnya. Konsentrasi dan fokus akan menunjang prestasi anak di sekolah.

 

Bantu Kenalkan Ragam Warna

Menggambar sejak dini dapat mengenalkan anak berbagai macam warna. Menggambar juga

memudahkan anak memadukan warna. Anak bisa menggabungkan dua warna untuk membuat warna baru. Hal ini bisa menjadi sarana eksperimen dan penemuan seru bagi anak.

 

Latih Bertanggung Jawab

Dengan menggambar sejak dini, anak belajar untuk menyelesaikan tugas dan bertanggung jawab terhadap tugas yang sedang dikerjakan. Berikanlah kebebasan bagi anak untuk gunakan warna sesuai kemauannya sebagai media eksplorasi imajinasi dan kreativitasnya.

Sungguh banyak ya manfaat dari menggambar! Tak hanya untuk anak, SiDUers juga bisa jadikan menggambar sebagai hobi untuk dapatkan ragam manfatnya bagi kecerdasan otak. Jangan lupa gunakan Buku Gambar SiDU saat kamu menggambar agar hasil gambarmu semakin bagus dan keren! Buku Gambar SiDU tersedia dalam 2 ukuran yang bebas kamu pilih, lho! Yaitu ukuran kertas A3 dan kertas A4. Yuk, menggambar hari ini!

 


Berita Lainya

Selesaikan Skripsi dan Lulus Tepat Waktu dengan Cara ini!
Baca Selengkapnya
Inilah 3 Jenis Karya Sastra yang Perlu Kamu Ketahui
Baca Selengkapnya
Ketahui Jenis-Jenis Origami di sini!
Baca Selengkapnya