30 Oct 2019

Mengenal Jenis-Jenis Puisi Modern

Puisi adalah sebuah tulisan atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penulisnya dengan menekankan pada keindahan dan ritme kata-kata yang digunakan. Biasanya, puisi bisa SiDUers temukan di buku sastra dan buku pelajaran bahasa Indonesia, tetapi di era digital ini, puisi juga bisa ditemukan di buku elektronik dan bahkan media sosial.

            Sebelum mulai menulis puisi, SiDUers harus tahu dulu nih bagaimana cara menulis puisi seperti yang SiDU sudah pernah bahas sebelumnya. Selain itu, penting juga untuk mengenal jenis-jenis puisi modern agar karya puisi yang SiDUers buat semakin bervariasi.

Puisi modern digolongkan menjadi 3 kategori, yaitu puisi naratif, lirik, dan deskriptif. Puisi naratif adalah puisi yang berisi cerita tentang suatu peristiwa. Puisi naratif terbagi menjadi beberapa macam, di antaranya adalah puisi balada yang menceritakan tokoh yang disukai dan puisi romansa yang berisi kisah cinta romantis.

            Sedangkan puisi lirik adalah puisi yang ditulis dalam bentuk syair yang bisa dinyanyikan. Beberapa macam puisi lirik adalah puisi elegi, serenada, dan ode. Puisi elegi berisi tentang perasaan duka yang dirasakan oleh penyair, sedangkan puisi ode hampir mirip dengan puisi balada yang menceritakan tokoh pujaan. Sementara itu, puisi serenada mirip dengan puisi romansa yang bercerita tentang kisah percintaan, tetapi bisa dalam bentuk kesedihan, kekecewaan, dan lain-lain.

            Sesuai dengan namanya, puisi deskriptif berisi tentang deskripsi suatu peristiwa dari sudut pandang penulis. Pada umumnya, puisi deskriptif dibuat untuk menyampaikan kritik terhadap isu-isu sosial, misalnya dalam bentuk puisi satire. Dalam puisi satire, penulis menyampaikan kritiknya dengan cara menyindir atau mengatakan hal yang merupakan kebalikan dari kenyataan.

            Nah, setelah mengetahui apa saja jenis-jenis puisi, SiDUers tertarik untuk menulis puisi yang mana nih? Jangan lupa untuk gunakan Buku Tulis SiDU untuk menulis puisimu. Buku Tulis SiDU dibuat dengan kertas yang tebal dan berwarna cerah sehingga bisa membuatmu merasa nyaman saat menulis.


Berita Lainya

Selesaikan Skripsi dan Lulus Tepat Waktu dengan Cara ini!
Baca Selengkapnya
Inilah 3 Jenis Karya Sastra yang Perlu Kamu Ketahui
Baca Selengkapnya
Ketahui Jenis-Jenis Origami di sini!
Baca Selengkapnya