20 Mar 2020

Kisah Legenda Origami Lucky Star

Salah satu karya origami yang paling terkenal adalah Lucky Star, yaitu origami berbentuk bintang kecil yang biasanya dibuat dalam jumlah banyak dan dimasukkan ke dalam toples. Orang Jepang memiliki kepercayaan bahwa dengan membuat bintang-bintang kecil dari kertas maka harapan mereka dapat terwujud. Oleh karena itu, karya ini dinamakan Lucky Star. Selain itu, ada kisah di Jepang yang sangat melekat pada Lucky Star dan diceritakan secara turun-menurun kepada anak-anak mereka.

Pada zaman dahulu di Jepang, ada seorang gadis kecil bernama Hoshi yang suka sekali pada bintang di langit. Dia sering berbaring di rerumputan pada malam hari untuk menikmati cahaya bintang selama berjam-jam. Suatu malam, ketika sedang menatap bintang, ia melihat sesuatu yang membuatnya sedih hingga ingin menangis, yaitu bintang-bintang yang berjatuhan dari langit. Begitu banyak bintang yang jatuh saat itu membuatnya takut langit akan kehabisan bintangnya.

Tiba-tiba, Hoshi mendapat sebuah ide. Ia berlari pulang dan kembali dengan sebuah toples dan beberapa lembar kertas. Untuk setiap satu bintang yang jatuh, Hoshi membuat satu buah bintang dari kertas dan menyimpannya ke dalam toples. Pada malam itu, ia membuat 100 bintang kertas. Namun, ia masih merasa sedih karena ternyata masih banyak bintang yang berjatuhan dari langit, sedangkan ia tidak sanggup lagi untuk melipat bintang kertas sendirian.

Pada malam berikutnya, hanya ada sedikit bintang di langit. Karena merasa cemas, Hoshi berlari ke rumah-rumah di desanya, mengetuk pintu satu-persatu, dan mengajak semua anak-anak, baik perempuan maupun laki-laki, untuk bergabung dengannya. Dia menjelaskan apa yang terjadi pada bintang-bintang di langit, dan mereka pun setuju untuk membantunya. Akhirnya, mereka berhasil membuat 2000 bintang malam itu dan menyimpannya di toples mereka masing-masing.

Tanpa disangka, hal mengejutkan terjadi. Bintang demi bintang mulai bermunculan kembali di langit, anak-anak pun bahagia. Hoshi berkata, “Bintang-bintang ini beruntung karena kita. Mulai dari sekarang, bintang kertas ini akan disebut sebagai bintang keberuntungan.” Hoshi kemudian melihat ke langit dan berkata, “Setiap kali satu bintang kertas dibuat, maka satu bintang jatuh akan terselamatkan.”

Anak-anak itu sekarang sudah tumbuh dewasa, tapi mereka masih tetap membuat bintang-bintang keberuntungan dan menyimpannya di dalam sebuah toples. Walaupun mereka telah membawa keberuntungan pada bintang jatuh, namun sebenarnya, bintang lah yang membawa mereka pada keberuntungan.

            Nah, bagaimana dengan SiDUers? Tertarik untuk membuat Lucky Star? Jangan lupa untuk membuatnya dengan menggunakan Kertas Origami SiDU (https://sidu.id/id/produk-kreatif) ya! Variasi warna dan ukuran yang tersedia akan membuat bintang kecilmu menjadi lebih indah ????

Sumber: https://www.idntimes.com/life/diy/rahmadila-eka-putri/origami-lucky-star-untuk-mengabulkan-keinginan-c1c2/full

 


Berita Lainnya

Kontak Distributor Resmi SiDU di Kota Anda
Baca Selengkapnya
3 Ide Pernak-Pernik Hari Raya
Baca Selengkapnya
Yuk, Mulai Menulis Untuk Hati yang Lebih Bahagia!
Baca Selengkapnya