22 Apr 2020

Jenis-Jenis Tulisan yang Sering Kamu Temui

Kegiatan menulis dapat dilakukan di mana pun, kapan pun, dan oleh siapa pun. Oleh karena itu, tulisan menjadi salah satu alat komunikasi yang paling mudah. Ada berbagai macam jenis tulisan yang ada di dunia ini. Berikut ini SiDU beritahu beberapa jenis tulisan yang sering SiDUers temui dan penting untuk diketahui.

  1. Otobiografi dan Biografi

Otobiografi dan biografi adalah tulisan yang menceritakan tentang kisah hidup seseorang. Hal yang membedakan keduanya adalah kisah yang ditulis dalam otobiografi merupakan kisah murni yang berasal dari pengalaman dan kenangan sang penulis, sedangkan kisah dalam biografi menceritakan kisah hidup orang lain, bukan kehidupan sang penulis itu sendiri.

  1. Surat

Sarana komunikasi yang sudah digunakan sejak zaman dahulu adalah surat. Selain untuk sekadar berkomunikasi, surat juga berguna untuk menyampaikan informasi penting. Surat dapat ditulis dengan tangan maupun mesin ketik yang kemudian dicetak.

  1. Ulasan

Sesuai dengan namanya, ulasan adalah tulisan yang mengulas tentang sesuatu berdasarkan opini sang penulis. Ulasan dapat berupa ulasan buku, film, maupun barang lainnya.

  1. Jurnal

Jurnal adalah catatan tertulis harian berdasarkan suatu kejadian, pengalaman, atau peristiwa yang dialami oleh penulis. Biasanya, jurnal bersifat pribadi, tetapi ada juga jurnal yang dibagikan kepada orang lain dengan tujuan untuk memberikan inspirasi.

  1. Karya Sastra

Seperti yang sudah pernah SiDU jelaskan pada artikel sebelumnya berjudul “Inilah 3 Jenis Karya Sastra yang Perlu Kamu Ketahui” ., karya sastra adalah tulisan yang menyampaikan unsur keindahan dengan mengutamakan bahasa sebagai medianya. Kamu dapat melihat apa saja jenis karya sastra dalam artikel tersebut. 

  1. Karya Tulis Ilmiah

Tulisan ini adalah laporan tertulis berupa pengkajian atau analisis tentang sesuatu yang merupakan hasil temuan atau penelitian yang dilakukan penulis. Hasil pengkajian atau analisis yang ditulis dalam karya tulis ilmiah harus berdasarkan teori yang telah dikemukakan oleh para ahli dunia sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

 

Nah, jenis tulisan manakah yang membuat SiDUers tertarik untuk menulisnya? Yuk, latihan menulisnya di rumah dengan menggunakan Buku Tulis SiDU Menulis akan menjadi lebih menyenangkan!


TAGS

menulis writing 

Berita Lainnya

Ikutan Lomba Menulis #SiDUBanggaIndonesia dan Rayakan HUT RI
Baca Selengkapnya
Yuk Ikutan Lomba #selfiebarengSiDU!
Baca Selengkapnya
Yuk, Mulai Menulis Untuk Hati yang Lebih Bahagia!
Baca Selengkapnya