28 Oct 2019

Ingin Menulis Makalah? Pahami Dulu Strukturnya!

SiDUers pasti sering kan, mendapat tugas makalah di kampus? Hal penting yang harus diperhatikan ketika akan menulis makalah adalah struktur. Jadi, kamu harus paham dulu nih, bagaimana struktur makalah yang baik. SiDU akan membahasnya supaya kamu tidak bingung lagi ya.

            Pertama, SiDUers perlu membuat cover, yaitu halaman yang akan menjadi sampul makalahmu. Cover biasanya memuat judul makalah, logo institusi, identitas penulis, dan tahun pembuatan makalah. Jangan lupa untuk menulisnya dengan tulisan rata tengah ya.

            Halaman kedua setelah cover adalah kata pengantar. Sesuai dengan namanya, bagian ini berguna sebagai pengantar supaya pembaca memiliki gambaran secara umum tentang apa yang SiDUers tulis dalam makalah.

            Setelah itu, SiDUers perlu membuat daftar isi yang memuat informasi halaman dari setiap konten dalam makalah. Halaman ini sangat berguna untuk memudahkan pembaca dalam menemukan informasi yang diinginkan sesuai dengan keterangan halaman di setiap bab atau sub-bab makalah.

            Bagian selanjutnya adalah pendahuluan yang biasanya terdiri dari 3 sub-bab, yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Di dalam latar belakang, pastikan SiDUers menjelaskan alasanmu membahas topik yang dipilih dan didukung dengan data-data. Setelahnya adalah sub-bab rumusan masalah yang biasanya diisi dengan beberapa pertanyaan (5W+1H) untuk SiDUers jelaskan di bagian pembahasan. Lalu, SiDUers bisa tuliskan secara singkat manfaat dari pembuatan makalahmu pada sub-bab tujuan.

            Kemudian, SiDUers akan lanjut ke pembahasan/isi yang merupakan bagian terpenting dalam makalah. Isinya adalah penjelasan pokok dari permasalahan yang kamu bahas dan terdiri dari landasan teori, penjelasan materi, dan penyelesaian masalah. Pastikan untuk menyesuaikan penjelasanmu dengan semua bab yang sudah dibuat sebelumnya ya.

            Untuk mengakhiri makalah, SiDUers perlu membuat bab penutup yang meliputi sub-bab kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisi ringkasan dari hasil pembahasan dalam makalah. Untuk menulisnya, sertakan poin-poin penting hasil pembahasanmu. Sementara itu, saran adalah bagian yang dibuat untuk pembaca. Tuliskan harapanmu supaya makalah yang kamu buat bisa bermanfaat untuk mereka.

            Terakhir, buatlah daftar pustaka dengan mencantumkan referensi yang SiDUers gunakan dalam menulis makalah. Referensi yang bisa digunakan adalah jurnal, buku, dan informasi dari website yang valid di internet.

            Seperti itulah struktur makalah yang baik. Semoga setelah membaca dan memahaminya, SiDUers bisa menulis makalah dengan lebih mudah ya. Jangan lupa gunakan Produk Kertas Multifungsi SiDU yang tersedia dalam berbagai ukuran, tebal, dan warna agar makalahmu semakin bagus dan menarik


Berita Lainya

Selesaikan Skripsi dan Lulus Tepat Waktu dengan Cara ini!
Baca Selengkapnya
Inilah 3 Jenis Karya Sastra yang Perlu Kamu Ketahui
Baca Selengkapnya
Ketahui Jenis-Jenis Origami di sini!
Baca Selengkapnya