05 Dec 2019

Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Cek Trik Ini Supaya Tidak Menyesal!

Hampir sebagian siswa yang duduk di tingkat akhir Sekolah Menengah Atas (SMA) pasti mengalami dilema ini. Mulai dari pertanyaan mengenai jurusan kuliah yang paling baik, hingga mudah atau tidaknya beradaptasi di jurusan tersebut.

Hal ini tentu tidak mengherankan. Soalnya, untuk dapat lulus program S1, seseorang perlu menghabiskan waktu 3,5 sampai 6 tahun untuk melalui proses belajar di tempat kuliah. Jika jurusan kuliah yang dipilih tidak cocok, proses belajar bisa saja menjadi terhambat dan waktu lulus pun semakin lama.

Tapi, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi dalam memilih jurusan yang tepat! Yuk, coba intip triknya di bawah inil:

 

Kenali Minat dan Bakatmu

Pertama-tama, kamu perlu mengenali minat dan bakat yang ada di diri kamu. Minat dan bakat ini yang nantinya dapat menuntun kamu memilih jurusan yang sesuai. Kalau jurusan kuliah yang dipilih sesuai dengan minat maupun bakat yang kamu miliki, pasti kamu akan lebih mudah beradaptasi dan menghadapi rintangan dalam proses belajar di kuliah.

Coba Ikut Personality Test

Tes kepribadian tentu tidak 100% akurat dalam membaca karakter seseorang, tapi hasil dari tes tersebut dapat dijadikan referensi dalam memilih jurusan yang tepat. Tidak hanya itu, mengikuti tes kepribadian juga dapat membantumu dalam melihat kelebihan, kekurangan, karakter, minat, hingga kemampuan di bidang seni maupun sosial.

Banyak sekali tes kepribadian online yang dapat kamu coba secara gratis di internet. Dari situ, kamu pun bisa melihat jurusan mana yang setidaknya cocok untuk karaktermu.

Lakukan Riset

Langkah yang tidak kalah penting adalah riset! Cari tahu mengenai lebih dari satu jurusan kuliah yang kamu minati, mulai dari biaya kuliah, akreditasi, mata kuliah, hingga lingkungan kampus. Dari situ, kamu bisa memilah-milah lagi mana yang paling sesuai dengan dirimu.

Buat Daftar Mengenai Jurusan yang Kamu Minati

Masih banyak jurusan kuliah yang kamu minati dan bingung cara memilahnya? Coba buat daftar jurusan tersebut, termasuk kekurangan dan juga kelebihannya. Tulis daftar tersebut di Kertas Multifungsi SiDU dan eliminasi yang paling tidak sesuai. Dari situ pun kamu akan lebih mudah untuk memilih jurusan kuliah yang paling sesuai dengan dirimu.

Pertimbangkan Masa Depan

Banyak yang bilang bahwa kuliah adalah jembatan menuju masa depan karena biasanya orang akan bekerja di bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Katakanlah kamu memilih jurusan Teknik Kimia, cari tahu profesi apa yang bisa ditekuni setelah kamu lulus dari jurusan tersebut. Apakah profesi tersebut memiliki prospek yang menjanjikan? Apakah kamu akan senang menekuni profesi tersebut? Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantumu menemukan jurusan kuliah yang sesuai dengan masa depan yang kamu inginkan.

Konsultasikan dengan Orang Terdekat

Sebelum memutuskan, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan orang terdekat mengenai jurusan yang kamu minati. Kamu dapat mendiskusikannya dengan orangtua karena mereka telah memiliki pengalaman hidup yang lebih banyak. Selain itu, orangtua juga biasanya mengetahui minat dan bakat terpendam yang dimiliki oleh anaknya.

 

Nah, apakah kini kamu sudah tahu apa saja yang harus dilakukan? Tidak perlu buru-buru dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai supaya kamu pun tidak menyesal nantinya. Semoga beruntung!


Berita Lainya

Kisah Legenda Origami Lucky Star
Baca Selengkapnya
5 Benda Pelengkap yang Dibutuhkan Mahasiswa
Baca Selengkapnya
Hobi Menulis? Ini Profesi Idamanmu!
Baca Selengkapnya