22 Apr 2020

5 Tips Membantu Anak Belajar Selama di Rumah

Ditutupnya sekolah dan ditiadakannya kegiatan belajar mengajar sekaligus sesi tatap muka bersama guru untuk sementara waktu yang disebabkan oleh mewabahnya virus corona atau COVID-19 tentunya menjadi sebuah situasi baru yang cukup menantang baik bagi sebagian SIDUers maupun para orang tua. Ya, terutama bagi para ibu dan ayah yang bekerja dari rumah atau working from home, membagi perhatian kepada pekerjaan dan kelangsungan belajar anak di saat yang sama tentunya bukan sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, ada 5 tips dari beberapa working parents untuk para orang tua SIDUers dalam membantu anak mengikuti pembelajaran selama belajar di rumah.

 

1.  Berusaha untuk membangkitkan antusiasme

berusaha untuk terlebih dahulu membangkitkan antusiasme anak. Ini menjadi salah satu tugas terberat seorang guru, yakni meyakinkan murid-muridnya bahwa apa yang mereka pelajari merupakan sesuatu yang menarik dan penting. Oleh karena itu, ibu atau ayah dapat meluangkan waktu sedikit untuk mencari tahu apa yang sedang dipelajari oleh mereka. Setelah itu, cari fasilitas seperti aplikasi online atau permainan edukatif yang dapat mereka akses. Ibu dan ayah juga dapat membangkitkan semangat belajar mereka dengan melengkapi peralatan belajar yang akan dipakai selama belajar di rumah. 

2.  Memberikan penjelasan lebih dari sekali

selama masa pembelajaran jarak jauh, komunikasi antara anak dengan guru di media maya tentunya tidak sama efektifnya dengan sesi tatap muka di sekolah. Karena itu, tidak ada salahnya untuk tidak memberikan target pencapaian belajar dengan menjelaskan sesuatu kepada anak lebih dari sekali.

3.  Disiplin dan saling bekerja sama

Bagi ayah dan ibu yang sebelumnya menitipkan anak di daycare, situasi ini memberikan kesempatan bagi kalian untuk saling bekerja sama dalam menyeimbangkan seluruh aspek kegiatan di rumah. Ayah dan ibu bisa mengajak mereka untuk berbicara dan membuat kesepakatan, seperti memberikan mereka pengertian bahwa mereka harus tetap mematuhi jadwal kegiatan belajarnya selama ayah dan ibu menyelesaikan pekerjaan.

4.  Sisihkan waktu untuk istirahat

Menyisihkan waktu untuk beristirahat sangat penting bagi anak untuk dilakukan, seperti misalnya untuk bermain game, menonton film, atau menekuni hobi. Selain itu, ayah dan ibu juga dapat memanfaatkan jam istirahat ini untuk menenangkan diri apabila keadaan memberikan tekanan, seperti misalnya menghadapi anak yang tidak mau belajar atau tidak disiplin dengan jadwal kegiatan yang telah diatur. Dengan adanya waktu istirahat, anak dapat menjalani masa pembelajaran di rumah tanpa mengalami kejenuhan dan orang tua dapat mengendalikan emosi dalam menghadapi situasi yang memberikan tekanan.

5.  Terbuka mengenai wabah coronavirus

Bersikap terbuka dan memberikan penjelasan kepada anak mengenai wabah coronavirus atau COVID-19 juga sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu, ayah dan ibu dapat memberikan pengertian kepada mereka tentang mengapa sekolah dan perkantoran ditutup dan kegiatannya ditiadakan untuk sementara waktu serta pentingnya berada di dalam rumah.

 

Itulah 5 tips untuk orang tua SIDUers dalam membantu anak selama masa #belajardirumah ini. Jangan lupa untuk melengkapi peralatan tulis anak dengan alat tulis dan peralatan berkreasi SIDU lainnya selama di rumah, ya!

 

Sumber: dari berbagai sumber


Berita Lainnya

Ikutan Lomba Menulis #SiDUBanggaIndonesia dan Rayakan HUT RI
Baca Selengkapnya
Yuk Ikutan Lomba #selfiebarengSiDU!
Baca Selengkapnya
Yuk, Mulai Menulis Untuk Hati yang Lebih Bahagia!
Baca Selengkapnya