Agrégateur de contenus

Cara Edit Tulisan di Word Dengan Cepat dan benar

05 nov. 2021

Siapa yang nggak setuju kalau Microsoft Word adalah salah satu program pengolahan dokumen terbaik? Hampir pasti tidak ada sih sebab jutaan orang sudah menggunakan dan membuktikan kegunaan program satu ini. Ketika mengelola dokumen, tak jarang anda menemukan tulisan yang kurang tepat atau salah ‘kan? Atau ketika mengetik ternyata ada satu atau dua kata yang ingin diubah padahal ketikan udah berlembar-lembar dan hampir siap dicetak menggunakan kertas SIDU. Uggh pasti menyebalkan sekali ‘kan jika harus menggunakan cara edit tulisan manual, yaitu mengulang membaca dari awal dan meneliti satu-satu!

Nah agar anda tidak bad mood dan membuang waktu padahal kertas SIDU polos atau HVS warna 80 gsm sudah menunggu untuk dicetak, ada cara edit tulisan di Microsoft Word yang bisa dipraktekkan. Seperti apa sih? Simak informasi berikut ini ya:

  • Gunakan Fitur Find di Microsoft Word

Anda sedang asik menyiapkan kertas untuk mencetak, kemudian teringat atau merasa ada yang belum beres dari dokumen yang sudah dikerjakan? Kemudian anda melihat ke lembar kerja Microsoft Word dan tiba-tiba merasa lelah karena ada ribuan kata yang sudah tertulis rapi. Eits jangan patah semangat dulu sebab Word memiliki fitur Find sebagai solusi. Yah, memang fitur ini bukan cara edit tulisan di Word namun bisa jadi solusi menemukan informasi sebelum memutuskan untuk mengeditnya atau tidak.

Langkah memanfaatkan fitur ini sangat mudah, anda hanya perlu mengikuti cara berikut ini:

  1. Anda bisa langsung melihat lembar kerja Microsoft Word di hadapan, lalu cari fitur Find. Letak fitur find ini ada di menu “Home” lalu lihat ke bagian kanan atas. Anda akan menemukan icon kaca pembesar lengkap dengan tulisan “Find”. Klik saja maka panel navigasi akan muncul. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan tombol shortcut CTRL+F untuk mengaktifkan fitur ini.

  2. Panel navigasi anda akan muncul di bagian kiri dokumen. 

  3. Ketik kata atau frasa yang ingin dicari pada search bar, tunggu sebentar.

Microsoft Word akan menampilkan hasil pencarian dan menandainya dengan blok warna kuning. Jika anda hanya perlu mengklik salah satu hasil pencarian, maka Microsoft Word akan mengarahkan pada letak teks tersebut. Nah daripada repot mencari cara edit tulisan, anda hanya perlu membaca ulang lalu menggantinya jika memang perlu diganti. 

  • Fitur Replace Juga Sangat Praktis Lho!

Salah satu cara edit tulisan di Microsoft Word yang praktis agar Anda dapat segera mencetak menggunakan kertas SIDU polos atau HVS warna 80 gsm adalah dengan memanfaatkan layanan Replace di program ini. Caranya sangat mudah lho, antara lain:

  1. Temukan fitur Replace pada lembar kerja. Caranya adalah dengan menuju ke menu Home lalu tengoklah ke bagian kanan atas, anda akan menemukan icon dan tulisan Replace di situ. Cara lain yang juga tak kalah mudahnya adalah dengan menekan tombol CTRL+H untuk menampilkan kotak dialog Replace.

  2. Anda akan dihadapkan pada dua kolom, yang pertama berisi Find What untuk menemukan teks yang anda cari. Ketikkan kata kunci di kolom ini.

  3. Nah cara edit tulisan yang sebenarnya ada di kolom bawahnya, yaitu Replace With. Anda bisa langsung mengetikkan teks pengganti yang diinginkan. 

  4. Anda bisa mengklik pilihan “Find Next” kemudian pilih “Replace” untuk mengubah teks tertentu.

  5. Apabila merasa keseluruhan kata atau frasa tertentu dalam teks perlu diubah, maka pilih saja “Replace All”

  6. Anda hanya perlu menunggu beberapa waktu hingga mIcrosoft Word selesai memproses perintah. Nah, kini teks tersebut sudah berganti menjadi yang baru.

Memanfaatkan dua fitur tersebut sebagai cara edit tulisan di Microsoft Word jelas akan mempersingkat waktu kerja. Anda bisa langsung menyiapkan kertas SIDU berupa kertas A4 polos atau kertas jenis lain yang diperlukan untuk mencetak hasil kerja. Jika perlu mencetak dalam jumlah besar, Anda juga bisa memilih produk polos SIDU atau hvs warna 80 gsm retail pack untuk memenuhi kebutuhan mencetak.  Hmmm, cukup mudah ‘kan? Selamat mencoba.