IN | ENG
01 Apr 2019

Tips Beradaptasi di Kantor Baru

Di hari pertama bekerja, wajar jika Anda merasa gugup dan cemas. Hal ini disebabkan perubahan suasana dan lingkungan kerja yang baru, rekan kerja dan atasan baru, bahkan mungkin tantangan dari pekerjaan yang baru. Ketika Anda menghadapi situasi seperti ini, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara beradaptasi yang baik dan benar. Di bawah ini, SiDU sudah merangkum beberapa tips beradaptasi untuk Anda dari berbagai sumber:

  1. Fokus saat masa perkenalan atau orientasi

Pada minggu pertama Anda mulai bekerja, biasanya akan ada agenda untuk perkenalan. Anda akan dijelaskan tentang info internal perusahaan, seperti visi dan misi, peraturan, struktur organisasi, lingkungan departemen atau divisi Anda, dan lain-lain. Di saat inilah Anda harus fokus agar setiap informasi yang diberikan dapat Anda pahami dengan baik sehingga Anda dapat beradaptasi dengan cepat.

  1. Bersikap tenang dalam mengamati lingkungan

Untuk mengerjakan tugas dengan baik, Anda perlu memahami lingkungan kerja Anda terlebih dahulu. Meskipun Anda sangat antusias karena memasuki lingkungan baru, tetaplah berusaha untuk bersikap tenang dan tidak berlebihan. Jangan terlalu banyak bicara pada saat yang tidak diperlukan dan bekerjalah sebaik mungkin sesuai dengan waktu yang ditentukan.

  1. Bersikap ramah dan sopan kepada siapapun

Walaupun Anda belum mengenal dengan baik orang-orang di sekitar Anda, berusahalah untuk tetap bersikap ramah dan sopan kepada siapapun. Jangan ragu untuk menyapa mereka, baik senior Anda maupun atasan Anda. Berikan juga senyuman terbaik Anda ketika menyapa. Setelah itu, ketika ada waktu, sempatkanlah untuk berinteraksi pada mereka dan mengenal mereka lebih jauh. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan teman. Selain itu, mereka juga akan tahu bahwa Anda memiliki kepribadian yang baik dan akan mengenal Anda secara personal.

  1. Bersikap terbuka untuk pekerjaan baru

Ketika Anda diberikan pekerjaan yang harus Anda kerjakan, terimalah dan kerjakan sebaik mungkin. Jangan terkejut jika terkadang, senior atau atasan Anda juga akan memberikan pekerjaan tambahan. Tetaplah menerima pekerjaan tersebut dengan terbuka dan berusaha mengerjakannya. Jangan mengeluh atau menolak pekerjaan tersebut.

  1. Patuh pada peraturan kantor

Di setiap kantor pasti memiliki peraturan yang berbeda. Pahamilah dan patuhi peraturan tersebut. Usahakan sebisa mungkin agar tidak melanggarnya karena kedisiplinan dan keseriusan Anda akan dilihat oleh atasan Anda. Selain itu, melanggar peraturan kantor juga dapat merugikan orang lain yang bekerja dengan Anda.


Berita Lainya

Lima Manfaat Menulis untuk Anak
Baca Selengkapnya
5 Manfaat Origami bagi Anak
Baca Selengkapnya
Olahraga Ringan dan Praktis Saat di Kantor
Baca Selengkapnya