IN | ENG
12 Mar 2019

Olahraga Ringan dan Praktis Saat di Kantor

Ketika Anda duduk di tempat yang sama untuk jangka waktu lama, metabolisme tubuh akan melambat. Tentu ini sering terjadi bagi para pekerja kantoran. Padahal, membiarkan tubuh tidak aktif selama di kantor dapat memicu gangguan kesehatan.

Berikut adalah lima olahraga yang dapat dilakukan di kantor Anda. Kelima olahraga ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan perabotan di sekitar ruangan Anda. Cocok untuk pekerja kantoran yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga.

 

  1. The Wall (Street) Sit

Untuk melakukan gaya ini, Anda cukup berdiri dengan punggung menempel dinding, kemudian tekuk lutut dan geser punggung sampai paha sejajar dengan lantai. Duduk dan tahan posisi selama 30-60 detik. Anda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membaca buku, majalah, atau dokumen. Untuk membakar lebih banyak energi, Anda bisa mencoba menyilangkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kiri, tahan selama 15 detik. Ulangi gerakan yang sama dengan kaki yang lain.

 

  1. The Office Genie

Untuk melakukan geraka ini, angkat kaki ke posisi silang saat duduk di kursi. Letakkan tangan pada lengan kursi dan dorong ke atas untuk mengangkat tubuh Anda dari kursi dan tahan posisi tersebut selama 10-20 detik. Kemudian duduk kembali ke kursi, istirahat selama satu menit, dan ulangi gerakan.

 

  1. The Shoulder Shrug

Angkat kedua bahu ke arah telinga, tahan selama 5 detik dan lemaskan. Ulangi sebanyak 15 kali untuk hasil yang lebih maksimal. Jika gerakan ini masih terasa mudah, cobalah berdiri sambil memegang satu rim kertas di masing-masing tangan.

 

  1. The Lunch Break Hammy

Gunakan kursi sebagai penyangga tubuh Anda dengan berdiri di belakangnya. Sambil berdiri, tending secara perlahan satu kaki ke arah belakang sampai tinggi tumit sejajar dengan bagian atas paha Anda. Kemudian turunkan kaki kembali ke bawah dan ulangi gerakan dengan kaki yang lain. Ulangi latihan sebanyak 10 kali.

 

  1. The Desk Squat

Pertama, berdiri dengan kedua kaki, dan tekuk lutut dengan lembut sampai paha hampir sejajar dengan lantai (tirukan gerakan seolah-olah Anda sedang duduk di kursi). Ketika Anda membungkuk, angkat lengan Anda lurus ke atas atau ke arah layar komputer sambil menjaga lutut tetap sejajar. Tahan posisi selama 15 detik dan lepaskan. Ulangi latihan sebanyak 4-6 kali.

Kelima latihan di atas tidak hanya dapat membakar kalori, tapi juga meningkatkan kesehatan dan semangat saat bekerja. Yang paling utama, gerakan-gerakan di atas sangat mudah disisipkan di sela-sela kesibukan Anda. Kesehatan Anda pun dapat meningkat jika Anda melakukan gerakan-gerakan ini secara teratur dan konsisten.

 

Sumber: https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/gangguan-muskuloskeletal/5-olahraga-ringan-yang-dapat-anda-lakukan-di-kantor


Berita Lainya

Lima Manfaat Menulis untuk Anak
Baca Selengkapnya
Tips Beradaptasi di Kantor Baru
Baca Selengkapnya
5 Manfaat Origami bagi Anak
Baca Selengkapnya