IN | ENG
09 Apr 2019

Lima Manfaat Menulis untuk Anak

Tidak hanya di sekolah, kegiatan menulis biasanya sudah diajarkan oleh para orangtua sejak anak berusia dini. Hal ini disebabkan oleh banyaknya manfaat yang bisa diambil dari kegiatan menulis. Tahukah SiDUers, apa saja manfaat yang bisa SiDUers dapatkan dari menulis? SiDu sudah merangkum beberapa manfaat menulis dari berbagai sumber. Yuk, simak beberapa manfaatnya di bawah ini:

  1. Latihan merangkai kata

Dengan menulis, SiDUers bisa melatih merangkai kata. Kalau memiliki kesulitan untuk menyusun kalimat, baik secara tertulis maupun secara lisan, kamu bisa berlatih dari menulis. Untuk langkah awal, SiDUers bisa memulai dari kalimat pendek dengan dua kata atau tiga kata. Kemudian, lanjutkan sampai bisa merangkai kalimat panjang yang baik dan benar.

  1. Belajar mengutarakan perasaan dan pendapat

Setelah SiDUers bisa merangkai kata dan kalimat dengan baik dan benar, SiDUers bisa mulai mengungkapkan perasaan dan pendapat lewat tulisan. Misalnya, SiDUers bisa menulis apa yang dirasakan di sekolah hari ini atau bagaimana pendapat SiDUers tentang pelajaran yang dipelajari hari ini. Dengan begitu, SiDUers juga secara otomatis bisa mulai membuat buku catatan harian atau diary sendiri.

  1. Meningkatkan daya ingat

Saat menulis, secara otomatis SiDUers akan merekam apa yang ditulis di otak. Hal ini membantu kamu untuk mengingatnya setelah sudah selesai menulis. Kalau SiDUers menulis buku diary sendiri, maka hal ini juga akan sangat membantu di masa depan untuk mengingat kembali kejadian atau kenangan yang terjadi pada masa sekarang.

  1. Mengurangi stress

Ketika SiDUers mengalami hal yang tidak menyenangkan, baik di rumah maupun di sekolah, atau ketika mempunyai masalah dengan orangtua atau teman, SiDUers bisa menuangkannya ke dalam tulisan. Dengan begitu, SiDUers akan merasa lebih lega setelah selesai menulis.

  1. Sebagai bekal masa depan

Dengan belajar menulis sejak usia dini, SiDUers akan mulai terbiasa dengan kegiatan menulis. Membiasakan menulis sangat berguna di masa depan sehingga kelak ketika SiDUers sudah masuk ke sekolah yang lebih tinggi atau masuk kuliah, SiDUers tidak akan merasa kesulitan untuk membuat artikel, essay, skripsi, dan karya tulis lainnya.

Nah, sudah tahu kan, kalau menulis itu punya banyak sekali manfaat untuk SiDUers? Yuk, mulai belajar dan membiasakan diri untuk menulis dari sekarang. Menulis juga lebih menyenangkan kalau SiDUers menggunakan Buku Tulis SiDU, loh!


Berita Lainya

Tips Beradaptasi di Kantor Baru
Baca Selengkapnya
5 Manfaat Origami bagi Anak
Baca Selengkapnya
Olahraga Ringan dan Praktis Saat di Kantor
Baca Selengkapnya