IN | ENG
28 Mar 2019

5 Manfaat Origami bagi Anak

Origami adalah sebuah seni melipat kertas yang terkenal dari Tiongkok dan Jepang. Kini origami sudah sangat populer di dunia, terutama di kalangan anak-anak. Selain sebagai sebuah seni budaya, ternyata origami juga banyak memiliki manfaat bagi perkembangan SiDUers, loh. Apa saja sih manfaat origami itu?

 

Berikut SiDU rangkum beberapa manfaat origami untuk SIDUers:

1. Melatih kemampuan berpikir dan menemukan solusi

Karena origami adalah seni melipat kertas menjadi bentuk tertentu, kamu akan terpacu untuk berpikir bentuk apa yang akan kamu buat dari kertas tersebut. Biasanya, walaupun terdapat contoh dan petunjuk, kamu akan tetap berpikir bagaimana cara melipat kertas sesuai dengan petunjuk tersebut. Tidak jarang juga terdapat contoh dan petunjuk yang cukup sulit dilakukan sehingga dapat mengasah otakmu untuk berpikir. Selain itu, melipat kertas sesuai petunjuk juga melatih kamu untuk menemukan solusi dalam membuat kertas tersebut menjadi bentuk yang kamu inginkan.

2.  Meningkatkan ketekunan dan ketelitian

Melipat kertas origami juga dapat meningkatkan ketekunan kamu agar tidak mudah menyerah dalam membuat bentuk yang diinginkan. Ketelitian juga sangat diperlukan untuk memastikan setiap langkah dalam petunjuk sudah dilakukan dengan sesuai. Jika kamu dapat membuat origami dengan tekun dan teliti, maka kamu akan melakukan hal-hal lain dengan tekun dan teliti juga.

3. Melatih kemampuan mengikuti arahan

Petunjuk yang disediakan untuk melipat origami biasanya berbentuk gambar/diagram untuk memperjelas setiap langkahnya. Dengan mengikuti petunjuk dengan baik dan benar, kamu dengan sendirinya akan terlatih dalam membaca gambar/diagram untuk menghasilkan origami dengan bentuk yang sesuai.

4. Mengasah daya ingat dan imajinasi

Dalam melipat kertas, tentu dibutuhkan imajinasi untuk membayangkan bentuk apa yang akan dibuat. Setelah berhasil membuat bentuk yang diinginkan, kamu dengan sendirinya akan menyimpan langkah-langkah melipat dalam ingatan kamu. Sehingga nantinya ketika kamu membentuk origami menjadi bentuk yang sama, kamu akan gunakan imajinasi dan ingatanmu tanpa harus melihat petunjuk lagi. Hal inilah yang dapat mengasah daya ingat dan imajinasi kamu, SiDUers.

5. Sarana untuk menyalurkan kreativitas dan seni

Origami dapat dibuat menjadi berbagai macam bentuk, seperti binatang, tumbuhan, mainan, dan benda-benda lainnya. Membuat origami menjadi bentuk yang diinginkan dapat melatih kamu untuk membuat sebuah karya seni sendiri dengan kreativitas yang kamu miliki.

 

Yuk, SiDUers, mulai belajar origami dengan menggunakan Kertas Origami SiDU untuk merasakan semua manfaatnya!


Berita Lainya

Lima Manfaat Menulis untuk Anak
Baca Selengkapnya
Tips Beradaptasi di Kantor Baru
Baca Selengkapnya
Olahraga Ringan dan Praktis Saat di Kantor
Baca Selengkapnya